Pengaruh Online Customer Review, City Image, dan Perceived Price Terhadap Purchase Intention
Influence Online Customer Review, City Image, and Perceived Price on Purchase Intention
Semakin berkembangnya teknologi, cara efektif untuk meningkatkan popularitas wisata kuliner disetiap daerah yaitu dengan promosi melalui media social, karena media sosial adalah kebutuhan yang paling populer dikalangan pengguna internet saat ini, sehingga pengusaha kuliner lebih mudah dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review, city image, perceived price terhadap purchase intention pada calon konsumen wisata kuliner Surabaya. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian konklusif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan masyarakat Indonesia dengan domisili selain Kota Surabaya yang berkeinginan untuk mencicipi kuliner khas Surabaya diantaranya yaitu tahu tek, rujak cingur, dan lontong balap, setelah melihat review youtube Jennie Linando dengan rentan usia 19-41 tahun. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 200 sampel yang diambil dengan menggunakan nonprobability sampling dengan teknik judgemental sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner online. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan anilisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa online customer review, city image, dan perceived price secara signifikan mempengaruhi purchase intention.
The development of technology, an effective way to increase the popularity of culinary tourism in each region is through promotion through social media, because social media is the most popular requirement among internet users today, so that culinary entrepreneurs more easily influence consumers to buy culinary. This study aims to determine the effect of online customer review, city image, perceived price on purchase intention on prospective consumers of Surabaya culinary tourism. This type of research is a conclusive research, using a quantitative approach. The population in this study is the Indonesian people with domicile in addition to the city of Surabaya who wish to taste the culinary specialties of Surabaya, namely tahu tek, rujak cingur, and lontong balap, after seeing a review of youtube Jennie Linando with a vulnerable age of 19-41 years. The number of samples in this study were 200 samples taken using nonprobability sampling with judgmental sampling techniques. Data collection techniques using a questionnaire online. The data analysis method in this study uses multiple linear regression analysis. The results show that online customer review, city image, and perceived price significantly influence purchase intention.