PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK
PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI UPT SKB KABUPATEN GRESIK
THE INFLUENCE OF TUTORS' PEDAGOGICAL COMPETENCE ON THE COGNITIVE DEVELOPMENT OF STUDENTS PACKAGE EQUALITY PROGRAM C AT THE TECHNICAL IMPLEMENTATION UNIT OF THE LEARNING ACTIVITIES SANGGAR GRESIK REGENCY
Nama : Farah Ayu Herdiyanti
NIM : 20010034066
Program Studi : S-1 Pendidikan Luar Sekolah
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Heryanto Susilo, S. Pd., M. Pd.
Kompetensi pedagogik adalah kesanggupan tutor dalam memahami peserta didik secara komprehensif dan melaksanakan pembelajaran yang mendidik pemahaman tentang peserta didik yaitu dengan pemahaman tentang psikologi perkembangan peserta didik. Sedangkan perkembangan kognitif merupakan suatu proses individu dalam memperoleh cara berpikir, sebagaimana layaknya manusia yang berakal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kompetensi pedagogik tutor terhadap perkembangan kognitif peserta didik program kesetaraan paket C di Unit Pelaksana Teknis Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Gresik.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang berjenis kausal komparatif, dengan teknik analisis Korelasi Product Moment dengan pengmbilan sampel menggunakan rumus slovin yaitu terdapat 22 tutor dan 48 peserta didik paket C. Lokasi penelitian di Unit Pelaksana Teknis Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Gresik dengan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi dan dokumentasi.
Uji korelasi yang dilakukan menghasilkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,429 artinya nilai koefisien korelasi kompetensi pedagogik tutor memiliki pengaruh yang sedang terhadap perkembangan kognitif peserta didik program kesetaraan paket C di Unit Pelaksana Teknis Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Gresik. Selain itu, besarnya nilai r hitung terhadap r tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik tutor terhadap perkembangan kognitif peserta didik program kesetaraan paket C di Unit Pelaksana Teknis Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Gresik.
Kata Kunci: Kompetensi Tutor, Kompetensi Pedagogik Tutor, Perkembangan Kognitif
Name : Farah Ayu Herdiyanti
Major : S-1 Nonformal Education
Faculty : Faculty of Education
Institution : Surabaya State University
Advisor : Dr. Heryanto Susilo, S. Pd., M. Pd.
Pedagogical competency is the tutor's ability to understand students comprehensively and carry out learning that educates students' understanding, namely by understanding the psychology of student development. Meanwhile, cognitive development is an individual process of acquiring a way of thinking, as befits a rational human being. The aim of this research is to examine the influence of tutors' pedagogical competence on the cognitive development of package C equivalency program students at the Gresik Regency Learning Activity Studio Technical Implementation Unit.
This research uses a quantitative method of the causal comparative type, with a Product Moment Correlation analysis technique with sampling using the Slovin formula, namely there are 22 tutors and 48 package C students. The research location is in the Gresik Regency Learning Activity Studio Technical Implementation Unit with data collection techniques in the form of questionnaires. , observation and documentation.
The correlation test carried out produced a correlation coefficient value of 0.429, meaning that the correlation coefficient value of the tutor's pedagogical competence had a moderate influence on the cognitive development of package C equivalency program students at the Gresik Regency Learning Activities Studio Technical Implementation Unit. Apart from that, the calculated r value is relative to the r table, so it can be concluded that there is a significant influence of the tutor's pedagogical competence on the cognitive development of package C equivalency program students in the Gresik Regency Learning Activities Studio Technical Implementation Unit.
Keywords: Tutor Competence, Tutor Pedagogical Competency, Cognitive Development