ABSTRAK
KUALITAS PELAYANAN MELALUI
APLIKASI SISTEM INFORMASI DESA ( SID ) DI DESA TANGGIR KECAMATAN MALO KABUPATEN
BOJONEGORO
Nama :
Yudianto
NIM :
21040674357
Program Studi : ILMU
ADMINISTRASI NEGARA
Fakultas :
ILMU SOSIAL DAN HUKUM
Nama Lembaga : UNIVERSITAS
NEGERI SURABAYA
Pembimbing : Deby
Febriyan Eprilianto, S.Sos., MPA
Penelitian ini bertujuan untuk
menginvestigasi kualitas pelayanan melalui Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID)
di Desa Tanggir, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro. Dalam penelitian ini,
peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mendapatkan pemahaman
yang mendalam tentang bagaimana kualitas layanan melalui aplikasi SID di desa
tersebut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimana kualitas pelayanan melalui Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) di
Desa Tanggir, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro. Untuk menjawab rumusan
masalah ini, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui
wawancara mendalam dengan berbagai pemangku kepentingan yang terlibat dalam
penggunaan SID di desa tersebut. Data juga dikumpulkan melalui observasi
langsung terhadap penggunaan aplikasi SID, serta analisis dokumen terkait.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
kualitas pelayanan melalui Aplikasi SID di Desa Tanggir memiliki aspek positif,
seperti aksesibilitas informasi yang lebih baik dan peningkatan efisiensi dalam
proses administrasi desa. Namun, ada beberapa masalah yang juga diidentifikasi,
seperti keterbatasan aksesibilitas internet dan keterlibatan masyarakat dalam
penggunaan aplikasi SID.
Penelitian ini memberikan pemahaman yang
mendalam tentang kualitas pelayanan melalui Aplikasi SID di Desa Tanggir dan
dapat menjadi landasan untuk perbaikan dan pengembangan lebih lanjut dalam
penerapan sistem informasi desa di wilayah ini. Implikasi dari penelitian ini
adalah perlunya upaya lebih lanjut dalam meningkatkan aksesibilitas internet di
wilayah pedesaan dan melibatkan lebih banyak masyarakat dalam penggunaan
teknologi informasi untuk pelayanan desa yang lebih baik.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan,SID