EKSPLORATION OF ELEMENTARY SCHOOL MATHEMATICS CONSEPTS IN THE SPECIAL BATIK OF JOMBANG DISTRICT
Penelitian ini bertujuan untuk eksplorasi konsep matematika sekolah dasar yang terdapat pada motif batik melalui pola pikir matematis pengerajin batik khas Jombang dan mengetahui pandangan guru terhadap hasil eksplorasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data penelitian diperoleh 6 jenis motif batik khas Jombang dalam dua kain batik yang akan dieksplorasi matematikanya. Penelitian ini menghasilkan adanya konsep geometri matematika sekolah dasar pada motif batik khas Jombang antara lain Konsep matematika yang ditemukan pada motif ringin contong yakni persegi panjang, simetri, garis sejajar, garis lurus, refleksi (pencerminan), sudut siku-siku. Pada motif candi Rimbi ditemukan lingkaran dan simetri. Pada motif bunga bugenfil terdapat konsep simetri putar, rotasi, dan refleksi geser. Pada motif bunga kupu-kupu terdapat konsep zig-zag dan pencerminan. Pada motif daun hijau terdapat konsep simetri dan garis lengkung. Pada motif burung emprit terdapat konsep segitiga, sudut tumpul, sudut lancip, oval, dan pecahan. Penemuan konsep tersebut dapat digunakan sebagai alternatif konteks etnomatematika dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dapat mengubah cara pandang peneliti dan guru di sekolah dasar yang sebelumnya matematika tidak terkait budaya, sehingga mengubah fakta bahwa matematika dan budaya sangat erat kaitannya.
This study aims to explore elementary school mathematical concepts contained in batik motifs through the mathematical mindset of typical Jombang batik craftsmen and to find out the teacher's views on the results of the exploration. This research is an ethnographic qualitative research. Data collection techniques using observation, semi-structured interviews, and documentation. The results of the research data collection obtained 6 types of typical Jombang batik motifs in two batik fabrics which will be explored in mathematics. This research resulted in the concept of elementary school mathematical geometry in the typical Jombang batik motifs, including the mathematical concepts found in the ringin contong motif, namely rectangles, symmetry, parallel lines, straight lines, reflections, right angles. In the Rimbi temple motif, circles and symmetry are found. The bougainvillea motif contains the concepts of rotational symmetry, rotation and shear reflection. In the butterfly flower motif there is a concept of zig-zag and reflection. The green leaf motif contains the concept of symmetry and curved lines. In the emprit bird motif, there are concepts of triangles, obtuse angles, sharp angles, ovals, and fractions. The discovery of these concepts can be used as an alternative ethnomathematics context in learning mathematics. This research can change the perspective of researchers and teachers in elementary schools where mathematics was not previously related to culture, thereby changing the fact that mathematics and culture are very closely related.