LEARNING OUTCOMES OF SIMPLE WRITING SKILLS USING TTW (THINK TALK WRITE) MODELS IN CLASS XI GERMANY IN SMAN 1 KRIAN
Keterampilan menulis adalah kemampuan menuangkan buah pikiran ke dalam bahasa tulis melalui kalimat-kalimat yang dirangkai secara utuh, lengkap dan jelas sehingga buah pikiran tersebut dapat dikomunikasikan kepada pembaca dengan berhasil. Tetapi tidak semua orang memiliki kemampuan menulis dengan baik. Salah satu faktornya adalah adanya rasa takut untuk memulai sebuah tulisan, malu dan takut membuat kesalahan dalam memulai tulisan dengan topik tertentu. Oleh karena itu diperlukan adanya model untuk mengatasi masalah tersebut. Think Talk Write (TTW) adalah salah satu model yang cukup sesuai untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran yang mana peserta didik diharapkan untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasinya terutama melalui tulisan. Rumusan penelitian ini adalah Bagaimana hasil belajar keterampilan menulis karangan sederhana bahasa jerman dengan menggunakan modelThink Talk Write (TTW)kelas XI Bahasa jerman di SMAN 1 Krian. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui hasil belajar keterampilan menulis karangan sederhana dengan menggunakan model Think Talk Write (TTW) kelas XI Bahasa jerman di SMAN 1 Krian dengan subtema Essen und Trinken. Sumber data pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-Bahasa SMAN 1 Krian. Sedangkan data dari penelitian ini berupa data pelaksanaan hasil tes menulis karangan sederhana dengan model TTW (Think Talk Write. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Aspek yang dinilai adalah isi karangan, struktur kalimat, kosa kata dan penulisan kata. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang hasil pengukurannya banyak dituntut menggunakan angka. Dalam penelitian ini menggunakan niali rata-rata hasil belajar pre test dan pos test yaitu 65,77 dan 74,31. Maka dapat disimpulkan bahwa model TTW dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam keterampilan menulis dan juga dapat mengatasi kesulitan pembelajaran keterampilan menulis
Kata Kunci: Hasil belajar, Think Talk Write (TTW), keterampilan menulis
Writing skills are the ability to pour thoughts into written language through sentences arranged together in a complete, complete and clear manner so that the thoughts can be communicated to the reader successfully. But not everyone has the ability to write well. One factor is the fear of starting a writing, being embarrassed and afraid of making mistakes in starting writing with a particular topic. Therefore we need a model to overcome this problem. Think Talk Write (TTW) is one of the models that is quite suitable to be applied in learning activities where students are expected to develop their communication skills mainly through writing. The formulation of this research is how the results of learning writing skills in simple German writing by using the Think Talk Write (TTW) class XI German Language at SMAN 1 Krian. The purpose of this study was to determine the learning outcomes of simple essay writing skills using the Think Xpress Thinking (TTW) class XI German Language at SMAN 1 Krian with the Essen und Trinken subtema. Sources of data in this study were students of class XI-Language of SMAN 1 Krian. While the data from this study are data on the implementation of the results of a simple essay writing test using the TTW model (Think Talk Write. This study was conducted during 3 meetings. The aspects assessed were the contents of the essay, sentence structure, vocabulary and word writing. This study was a quantitative study , that is the research which the measurement results are required to use numbers.In this study using the average value of pre-test and post-test learning outcomes is 65.77 and 74.31, then it can be concluded that the TTW model can improve student learning outcomes in writing skills and can also overcome the difficulties of learning writing skills
Keywords: Learning outcomes, Think Talk Write (TTW), writing skills