PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA DI MEDIASI SIKAP BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA
THE EFFECT OF ENTREPRENEURSHIP EDUCATION AND SUBJECTIVE NORMS ON ENTREPRENEURIAL INTENTION IN MEDIATION OF ENTREPRENEURIAL ATTITUDE IN STUDENTS
Nama : Sherly Marcelina
NIM : 20080554011
Progam Studi : S1 Pendidikan Ekonomi
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Riza Yonisa Kurniawan, S.Pd., M.Pd.
Riset ini dilatar belakangi oleh keadaan pandemic covid-19 yang mengakibatkan banyak masyarakat yang terkena imbasnya seperti pengurangan karyawan, PHK, dan lain-lain. Sehingga hal tersebut berakibat banyak peduduk atau masyarakat yang menganggur. Namun disisi lain presentase yang paling tinggi tingkat penganggurannya yaitu dari lulusan universitas. Dimana solusi yang paling tepat dalam menghadapi permasalahan tersebut yakni menjadi wirausaha. Sehingga Departemen Pendidikan Nasional dan Kemenristek Dikti telah membuat penyelenggaraan sejumlah kebijakan serta berbagai program untuk meningkatkan intensi berwirausaha guna mewujudukan mahasiswa dengan lulusan perguruan tinggi yang memilii kesiapan bekerja serta menciptakan lapangan pekerjaan baru. Berdasarkan hasil observasi lapangan yang dilakukan intensi berwirausaha mahasiswa dalam berwirausaha masih tergolong rendah dengan presentase 25% mahasiswa yang memiliki usaha dan sebanyak 75% mahasiswa yang tidak memiliki usaha. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan kewirausahaan dan norma subjektif terhadap intensi berwirausaha melalui sikap berwirausaha. Riset ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian di Universitas Negeri Surabaya prodi S1 Pendidikan Ekonomi dengan jumlah sampel sebesar 143 mahasiswa. Teknik sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik purposive sampling, teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan atau ketentuan tertentu. Menggunakan teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan pendektanan WarpPLS versi 7.0. hasilriset ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pendidikan kewirausahaan, norma subjektif, dan sikap berwirausaha terhadap intensi berwirausaha; terdapat pengaruh pendidikan kewirausahaan dan norma subjektif terhadap sikap berwirausaha; terdapat pengaruh pendidikan kewirausahaan dan norma subjektif terhadap intensi berwirausaha melalui sikap berwirausaha.
Name : Sherly Marcelina
Study Program : S1 Economic Education
Name Of Institution : Surabaya State University
Supervisor : Riza Yonisa Kurniawan, S.Pd., M.Pd.
This research is motivated by the Covid-19 pandemic situation which has affected many people such as employee reductions, layoffs, and others. So that this has resulted in many residents or people becoming unemployed. However, on the other hand, the highest percentage of unemployment is from college graduates. Where the most appropriate solution to deal with this problem is to become an entrepreneur. So that the Ministry of National Education and the Ministry of Research, Technology, and Higher Education have made a number of policies and various programs to increase entrepreneurial intentions in order to realize students with college graduates who are ready to work and create new jobs. Based on the results of field observations, the entrepreneurial intention of students in entrepreneurship is still relatively low with a percentage of 25% of students who have businesses and 75% of students who do not have businesses. This study aims to analyze the influence of entrepreneurship education and subjective norms on entrepreneurial intentions through entrepreneurial attitudes. This research is included in quantitative research. The location of the research is at the State University of Surabaya, S1 Economic Education study program with a sample of 143 students. The sampling technique used in this study is purposive sampling technique, namely a sampling technique with certain considerations or provisions. Using data analysis techniques using Structural Equation Modeling (SEM) with the WarpPLS version 7.0 approach. The results of this study indicate that there is an influence between entrepreneurship education, subjective norms, and entrepreneurial attitudes on entrepreneurial intentions; there is an influence of entrepreneurship education and subjective norms on entrepreneurial attitudes; there is an influence of entrepreneurship education and subjective norms on entrepreneurial intentions through entrepreneurial attitudes.
Keywords: Entrepreneurial Intention, Subjective Norms, Entrepreneurship Education, Entrepreneurial Attitudes.