Penelitian ini berawal dari siswa yang kurang resilien dalam menghadapi masalah sehingga siswa belum mampu untuk bertahan dalam menghadapi kondisi yang tidak sesuai dengan dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah sinema edukasi dapat meningkatkan resiliensi siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Buduran Sidoarjo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre experimental design dengan bentuk desain one group pre-test dan post-test. Subjek dalam penelitian ini akan diberikan pre-test terlebih dahulu, kemudian diberikan perlakuan sinema edukasi dalam bentuk layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan resiliensi setelah itu diberikan post-test untuk mengukur ada perbedaan atau tidak antara pre-test dan post-test. Alat ukur dalam penelitian ini adalah angket resiliensi 47 item dengan skala Likert. Metode pengambilan subjek menggunakan purposive sampling. Siswa yang terindikasi memiliki resiliensi rendah dijadikan subyek dalam penelitian ini yaitu sebanyak 7 siswa kelas VIII-F. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic non parametric analisis uji wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan = 0,018 < α = 0,05, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji wilcoxon mengenai penerapan sinema edukasi untuk meningkatkan resiliensi siswa juga menunjukkan bahwa ada perbedaan antara skor pre-test dan skor post-test. Hasil perhitungan rata-rata sebelum diberika perlakuan yaitu 123,42 dan 134,57. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis penelitian yang berbunyi hipotesis “penerapan sinema edukasi dapat meningkatkan resiliensi siswa kelas VIII-F di SMPN 1 Buduran Sidoarjo” diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan sinema edukasi dapat meningkatkan resiliensi siswa kelas VIII-F di SMPN 1 Buduran Sidoarjo.
Kata Kunci: penerapan, sinema edukasi, resiliensi
This study originated from student are less resiliency in the face of problems, that make student have not been able to survive in the face of conditions were not consist with themselves. The aim of this study to prove whether the use education cinema could improve resilience of VIII-F student SMPN 1 Buduran Sidoarjo. This type of study is pre experimental design with design study are one group pre-test and post-test. The subject of this study will be given pre-test previously, then given the treatment of educational cinema in the form of group counseling to increase their resilience, after it was given a post-test to measure there was a different or not between pre-test and post-test. The measuring instrument used in this study is 47 items of resilience questioners with Likert scale. The method of taking the subject in the study using purposive sampling. The indicated student has low resilience will be subject in this study there are 7 students from VIII-F class. The data analysis technique used id statistic non parametric analysis of Wilcoxon test. Analysis result shown = 0,018 < α = 0,05, means Ho rejected and Ha accepted. The result of Wilcoxon test regarding the application of education system to improve student resiliency showed that there are have differences between pre-test and post-test score. The average of calculation results is before being given treatment are 123,42 and 134,57. From the result the hypothesis of this study sound that “ the application of educational cinema can increase resilience of VIII-F student at SMPN 1 Buduran Sidoarjo” accepted, it can be conclude that the educational cinema can increase resilience of VIII-F student at SMPN 1 Buduran Sidoarjo.
Keywords : application, educational cinema, resilience