Strategi Pengembangan Usaha Melalui Inovasi Produk Dangkrik Pada Dusun Kulubanyu, Kabupaten Mojokerto
Bussiness Development Strategy Through Dangkrik Product Innovation in Kulubanyu Hamlet, Mojokerto Regency
Penduduk di Dusun Kulubanyu mampu memanfaatkan melimpahnya pisang yang ada di dusun tersebut. Pisang tersebut dibuat menjadi sebuah produk keripik pisang dengan beberapa varian rasa. Adanya program ini dibuat untuk membantu masyarakat Dusun Kulubanyu dalam mengembangkan produk Dangkrik agar memiliki kelangsungan yang baik. Demi kelangsungan usaha tersebut dan agar produk tersebut dapat bersaing di pasaran, tentu dibutuhkan adanya sebuah pengembangan usaha. Pengembangan usaha dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melalui inovasi produk. Inovasi produk akan membuat produk tersebut memiliki keunggulan dan perbedaan dengan produk pesaing lainnya. Inovasi produk yang dilakukan berdasarkan hasil evaluasi dan saran yang diberikan oleh konsumen. Inovasi yang dilakukan berupa penambahan varian rasa dan pembaruan kemasan produk. Kemudian hasil evaluasi dan saran tersebut digunakan sebagai dasar untuk memunculkan ide – ide dalam pengembangan usaha produk Dangkrik. Hasil menunjukkan terdapat varian yang kurang diminati oleh konsumen, selain itu konsumen juga kurang menyukai desain kemasan produk. Sehingga, varian yang kurang diminati tersebut tidak diproduksi dan diganti dengan varian yang lebih diminati oleh konsumen. Lalu, desain kemasan produk diperbarui menjadi lebih menarik. Diharapkan dengan adanya inovasi akan membuat produk ini dapat bersaing dengan produk lain dan memiliki kelangsungan usaha yang baik pula.
The people in Kulubanyu Hamlet are able to take advantage of the abundance of bananas in the village. The banana is made into a banana chip product with several flavors. This program was created to help the people of Kulubanyu Hamlet in developing Dangkrik products so that they have good sustainability. For the sake of business continuity and so that these products can compete in the market, of course, a business development is needed. Business development can be done in various ways. One way that can be done is through product innovation. Product innovation will make the product has advantages and differences with other competing products. Product innovations are carried out based on the results of evaluations and suggestions given by consumers. The innovations carried out are in the form of adding flavor variants and updating product packaging. Then the results of the evaluation and suggestions are used as the basis for generating ideas in developing the Dankrik product business. The results show that there are variants that are less attractive to consumers, besides that consumers also do not like the product packaging design. Thus, the less desirable variant was not produced and replaced with a more desirable variant by consumers. Then, the product packaging design was updated to be more attractive. It is hoped that the innovation will make this product able to compete with other products and have good business continuity as well.