ABSTRAK
EVALUASI DIKLAT DASAR PENYELESAIAN LAPORAN BAGI PEGAWAI OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN JAWA TIMUR
Nama : Nur Kholidah
NIM : 16040263006
Program Studi : DIII Administrasi Negara
Jurusan : Administrasi Publik
Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Weni Rosdiana, S.sos., M.AP.
Pendidikan dan pelatihan merupakan aspek penting dalam pengembangan sumber daya manusia. Program pendidikan dan pelatihan diberikan untuk mengembangkan dan memelihara kemampuan serta kesiapan para pegawai dalam melaksanakan tugas maupun tanggung jawab yang diberikan. Pada dasarnya setiap program Pendidikan dan pelatihan perlu adanya evaluasi. Evaluasi program pelatihan secara umum dilakukan untuk mengetahui efektifitas dan efisiensi program pelatihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Evaluasi diklat dasar penyelesaian laporan bagi pegawai Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa timur.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian ini adalah (1) Berdasarkan hasil evaluasi pada tahap reaksi ditemukan bahwa peserta Diklat Dasar Penyelesaian laporan sudah merasa senang dengan diklat yang telah diikuti, dapat dilihat dari antusiasme peserta Diklat. Selain itu mulai dari cara pelatih memberikan materi dan metode yang digunakan telah sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan peserta diklat setiap harinya. Namun respon peserta terhadap lokasi diklat menunjukkan reaksi yang kurang baik dimana peserta merasa kurang nyaman dengan lokasi diklat karena kurangnya fasilitas penunjang. (2) Berdasarkan hasil evaluasi pada tahap pembelajaran setelah peserta mengikuti diklat dasar penyelesaian laporan, telah memberikan dampak yang baik terhadap perubahan ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh peserta. Materi-materi yang disampaikan telah sesuai dengan kegiatan yang dilakukan peserta diklat setiap hari. Namun masih terdapat kendala yaitu fasilitas atau sarana prasarana pelatihan yang dirasa kurang yaitu minimnnya fasilitas Wifi. Secara keseluruhan diklat ini dapat memberikan dampak terhadap perubahan dalam mengerjakan tugas menjadi lebih cepat dari biasanya. (3) Evaluasi perilaku kepada peserta diklat dasar penyelesaian laporan dimana peserta merasakan adanya perubahan perilaku setelah mengikuti diklat ini yaitu menajdi lebih disiplin dalam menjalankan tugas setuap harinya. (4) Berdasarkan Hasil evaluasi pada tahap hasil, dapat di simpulkan bahwa peserta mendapat banyak pengetahuan baru. Selain itu dari adanya diklat tersebut target Ombudsman dalam hal penyelesaian laporan sudah cukup baik yaitu dilihat dari peningkatan jumlah laporan yang dapat diselesaikan Ombudsman Republik Indonesia. Meskipun belum bisa mencapai target yang ditentukan, namun dampak adanya diklat dasar penyelesaian laporan ini dapat langsung dirasakan oleh peserta diklat. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta diklat dalam menyelesaikan setiap laporan pengaduan masyarakat mengindikasikan diklat ini memberikan dampak yang positif bagi peserta diklat.
Saran yang dapat diberikan untuk Ombudsman Republik Indonesia yaitu (1) Pada tahap evaluasi di point reaksi ditemukan peserta merasa kurang nyaman dengan lokasi pelaksanaan diklat sehingga disarankan pemilihan lokasi diklat harus disesuaikan dengan tujuan dari diklat yang hendak dilaksanakan. (2) Pada tahap evaluasi tentang pembelajaran, saran yang dapat diberikan yaitu materi dapat dibagikan kepada rekan kerja yang pernah mengikuti diklat sebelumnya dengan materi yang berbeda. (3) Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan, pemberian materi yang menekankan pada perubahan perilaku harus tetap dipertahankan. (4) Diharapkan hasil dari kegiatan evaluasi menjadi bahan pertimbangan pengembangan pegawai dari kualitas dan kuantitas.
Kata Kunci : Evaluasi, Diklat, Ombudsman
ABSTRACT
EVALUATION OF THE BASIC CLASS OF COMPLETION OF REPORTS FOR OMBUDSMAN EMPLOYEES OF THE REPUBLIC OF INDONESIA EAST JAWA REPRESENTATIVES
Name : Nur Kholidah
Study Program : DIII State Administration
Department : Public Administration
Faculty : Faculty of Social Sciences and Law
Name of Institution : Surabaya State University
Advisor : Weni Rosdiana, S.sos., M.AP.
Education and training are important aspects in the development of human resources. Education and training programs are given to develop and maintain the ability and readiness of employees in carrying out their duties and responsibilities. Basically, every Education and training program needs evaluation. Evaluation of training programs is generally carried out to determine the effectiveness and efficiency of training programs. The purpose of this study was to describe the evaluation of basic training in the completion of reports for employees of the Ombudsman of the Republic of Indonesia Representative of East Java.
The research approach used in this study is descriptive research with qualitative methods. Data collection techniques used are observation, interviews and documentation. The data analysis technique uses four stages, namely data collection, data reduction, data presentation and conclusion / verification.
The results of this study are (1) Based on the results of the evaluation at the reaction stage it was found that the participants of the Basic Training in Completion of the report had felt happy with the training that had been followed, could be seen from the enthusiasm of the training participants. In addition, starting from the way the trainer gives the material and the method used is in accordance with the work done by the training participants every day. However, the participants' response to the location of the training showed a poor reaction where participants felt uncomfortable with the location of the training due to lack of supporting facilities. (2) Based on the results of the evaluation at the learning stage after the participants took part in the basic training in completing the report, it had a good impact on the changes in knowledge held by the participants. The material delivered was in accordance with the activities carried out by training participants every day. However, there are still obstacles, namely the facilities or infrastructure of training that are lacking, namely the lack of Wifi facilities. Overall this training can have an impact on changes in doing tasks faster than usual. (3) Behavioral evaluation for training participants on the basis of completing reports where participants feel a change in behavior after attending this training, which is to become more disciplined in carrying out their duties every day. (4) Based on the results of the evaluation at the results stage, it can be concluded that participants get a lot of new knowledge. In addition, from the existence of these training programs, the Ombudsman's target in terms of completing reports has been quite good, as seen from the increase in the number of reports that can be completed by the Ombudsman of the Republic of Indonesia. Even though they have not been able to reach the specified target, the impact of the basic training and completion of this report can be directly felt by the training participants. Increasing the knowledge and skills of training participants in completing each public complaint report indicates that this training has a positive impact on training participants.
Suggestions that can be given to the Ombudsman of the Republic of Indonesia are (1) At the evaluation point the reaction found participants felt uncomfortable with the location of the training so it was suggested that the selection of training locations should be adjusted to the objectives of the training. (2) In the evaluation phase of learning, advice that can be given is that the material can be shared with colleagues who have participated in previous training with different material. (3) Based on the results of evaluations that have been conducted, the provision of material that emphasizes behavior change must be maintained. (4) It is expected that the results of the evaluation activities will be taken into consideration for the development of employees of quality and quantity.
Keywords: Evaluation, Diklat, Ombudsman