Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam mengklasifikasi kingdom animalia kelas invertebrata. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-A sebanyak 30 siswa di SMP Negeri 1 Jabon. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi proses pembelajaran, tes kemampuan klasifikasi (invertebrata) yang berbentuk essay, dan instrumen wawancara dan sudah tervalidasi. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi proses pembelajaran, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VII-A di SMP Negeri 1 Jabon memeiliki kemampuan mengklasifikasi hewan invertebrata yang rendah. Terbukti sebanyak 73% siswa masuk dalam kategori rendah, 17% dalam kategori sedang, dan 10% dalam kategori tinggi. Faktor-faktor yang mempengaruhi dilihat dari proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru kemudian dibandingkan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang memperlihatkan bahwa pada proses pembelajaran kurang mempengaruhi kemampuan siswa mengklasifikasi hewan invertebrata, sehingga faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penelitian ini meliputi cara guru mengajar, sumber dan media yang digunakan.
Kata kunci : kemampuan mengklasifikasi, invertebrata, faktor penyebab
This study aims to describe the ability of students to classify kingdom animalia invertebrate classes. This type of research used in this study is descriptive research. The research subjects were students of class VII-A as many as 30 students in SMP Negeri 1 Jabon. The instruments used were guidelines for observing the learning process, classification ability tests (invertebrates) in the form of essays, and interview instruments and were validated. Data collection techniques by observing the learning process, tests and interviews. The data analysis technique used is content analysis. The results showed that the ability of students of class VII-A in SMP Negeri 1 Jabon had the ability to classify low invertebrate animals. Evidently as many as 73% of students fall into the low category, 17% fall into the medium category, and 10% fall into the high category. The influencing factors seen from the learning process carried out by the teacher are then compared with the Learning Implementation Plan (RPP) which shows that the learning process less influences the ability of students to classify invertebrate animals, so the factors that influence in this study include the way the teacher teaches, sources and media used.
Keywords: classifying abilities, invertebrates, causative factors