Kantor merupakan tempat diselenggarakannya kegiatan tata usaha yang didalamnya terdapat ketergantungan sistem antara orang, teknologi, dan prosedur untuk menangani data. Penataan tata ruang kantor terbilang penting dalam meningkatkan kinerja dan produktivitas pegawai dan pegawai sangat membutuhkan tata ruang yang bagus dan terfasilitasi untuk mengerjakan pekerjaan kantor. Penataan tata ruang kantor yang baik dan benar akan berdampak positif bagi pegawai yaitu menambah produktivitas dan efisiensi pegawai dalam bekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan Prinsip Tata Ruang Kantor dan mendeskripsikan Faktor dalam Lingkungan Kantor di Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya (Studi pada Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian).
Jenis Penelitian yang digunakan saat ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Fokus pada penelitian ini adalah bentuk tata ruang kantor berdasarkan teori Sedarmayanti (2009:128) dan faktor-faktor dalam lingkungan kantor berdasarkan teori Nuraida (2014:174). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi sehingga data yang terkumpul cukup valid untuk dijadikan sebagai bahan Tugas Akhir.
Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa: (1) prinsip tata ruang kantor yang diterapkan sudah sesuai dengan teori prinsip tata ruang kantor. Namun, masih terdapat beberapa kendala yang terjadi yaitu kurangnya fasilitas penunjang pekerjaan seperti komputer beserta printer (2) faktor-faktor dalam lingkungan kantor sudah diterapkan dengan baik, seperti pengaturan cahaya yang sudah cukup baik, karena tidak menganggu keselamatan dan kesehatan pegawai. Penggunaan warna dinding yang tepat membuat para pegawai tenang dan nyaman sehingga pegawai dapat melakukan pekerjaan dengan baik. Udara yang sejuk dengan adanya AC dan suhu bisa diatur ataupun diubah jika merasa kedinginan dan suara yang terbilang dalam batas wajar sehingga tidak mengganggu konsentrasi pegawai. Namun, masih terdapat beberapa kendala yang terjadi yaitu kurangnya hiasan pada ruangan tersebut dikarenakan ruangan ini masih baru.
Saran yang dapat direkomendasikan untuk Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian maupun Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya adalah diharapkan penambahan fasilitas seperti komputer beserta printer di setiap meja untuk memudahkan para pegawai dalam bekerja sehingga pegawai bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan juga perlu dilakukan kembali penataan pada ruangan tersebut dikarenakan ruangan ini merupakan ruangan baru agar pegawai tidak jenuh dan merasa nyaman dalam melakukan aktivitas pekerjaan di ruangan kantor
Kata kunci: tata, ruang kantor, Kanreg II BKN.
The office is a place where administrative activities are held in which there is a dependency of systems between people, technology and procedures for handling data. Office spatial planning is quite important in improving the performance and productivity of employees and employees really need a good and facilitated spatial layout for doing office work. Good and correct office layout will have a positive impact on employees by increasing employee productivity and efficiency at work. The purpose of this study is to describe the Application of the Principles of Office Spatial Planning and describe the Factors in the Kantor Regional II (Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian)
This type of research used today is a descriptive qualitative research method. The focus of this research is the form of office layout based on Sedarmayanti's theory (2009: 128) and factors in the office environment based on Nuraida's theory (2014: 174). Data collection techniques used in this study were interviews, observation, and documentation so that the data collected was valid enough to be used as material for the Final Project.
The results of this study illustrate that: (1) the principles of office layout that are applied are already in accordance with the theory of office layout principles. However, there are still some obstacles that occur, namely the lack of work supporting facilities such as computers and printers (2) factors in the office environment have been implemented well, such as good lighting, because it does not interfere with employee safety and health. Using the right color of walls makes employees calm and comfortable so employees can do their jobs well. AC with the presence of air conditioning and temperature can be adjusted or changed if you feel cold and the sound is fairly within reasonable limits so it does not interfere with employee concentration. However, there are still some obstacles that occur, namely the lack of decoration in the room because this room is still new.
Suggestions that can be recommended for the Development and Supervision of Staffing and Regional Office II of the Surabaya State Personnel Agency are expected to increase the facilities such as computers and printers on each table to facilitate employees in working so that employees can get the job done well and also need to be reorganized in the room This is because this room is a new room so that employees are not bored and feel comfortable doing work activities in the office
Keywords: layout, office space, Kanreg II BKN.