PERBEDAAN PERCEIVED ACADEMIC STRESS
DITINJAU DARI TAHUN ANGKATAN PADA
MAHASISWA FAKULTAS X UNIVERSITAS NEGERI
SURABAYA
THE DIFFERENCE OF PERCEIVED ACADEMIC STRESS
REVIEWED FROM YEAR OF STUDY ON STUDENT IN
FACULTY X STATE UNIVERSITY OF SURABAYA
ABSTRAK
PERBEDAAN PERCEIVED ACADEMIC STRESS DITINJAU
DARI TAHUN ANGKATAN PADA MAHASISWA
FAKULTAS X UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Nama : Elga Helen Meylana
NIM : 16010664024
Jurusan : Psikologi
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Damajanti Kusuma Dewi, S.Psi. M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji adanya
perbedaan perceived academic stress ditinjau dari tahun angkatan
pada mahasiswa Fakultas X Universitas Negeri Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang melibatkan 362
mahasiswa Fakultas X tahun angkatan kedua (2018) dan ketiga
(2017). Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan skala
yang diadaptasi dari Bedewy dan Gabriel (2015) yaitu Perception of
Academic Stress Scale yang terdiri dari 18 aitem. Analisis data
statistik yang digunakan adalah independent sampel t-test. Hasil
uji hipotesis menunjukkan bahwa : terdapat perbedaan perceived
academic stress ditinjau dari tahun angkatan pada mahasiswa
Fakultas X Universitas Negeri Surabaya (p=0.00<0.05). Berdasaran
hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel tahun angkatan
berhubungan dengan perceived academic stress pada mahasiswa.
Kata Kunci: perceived academic stress, tahun angkatan, mahasiswa.
ABSTRACT
Name : Elga Helen Meylana
Number of registration : 16010664024
Departement : Psychology
Faculty : Faculty of Education
Name of institution : State University of Surabaya
Advisor : Dr. Damajanti Kusuma Dewi, S.Psi. M.Si
The purpose of this study was to examine the differences in
perceived academic stress reviewed from years of study on students in
Faculty X State University of Surabaya. This study is a population study
involving 362 students of Faculty X in the second (2018) and third (2017)
years. Data collection in this study uses a scale adapted from Bedewy and
Gabriel (2015), the Perception of Academic Stress Scale which consists of
18 items. The statistical data analysis used was independent sample t-
test. Hypothesis test results show that: there is a difference in perceived
academic stress in terms of the year of the study in Faculty X students of
Surabaya State University (p = 0.00 <0.05). Based on these results it can
be concluded that the student year variable is associated with perceived
academic stress on students.
Keywords: perceived academic stress, year of students, students.