KESALAHAN BENTUK PENULISAN HURUF HIRAGANA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA
ERRORS WRITING HIRAGA ALPHABET IN JAPANESE LANGUAGE IN CLASS XI IPS STUDENTS AT SMA MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA
ABSTRAK
Nama : Ajeng Sari Wahidiyah Putri
NIM : 15020104056
Prodi : S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Didik Nurhadi, M.Pd., M.A., Ph.D.
Tahun : 2020
Kata Kunci :
Kesalahan, kesulitan penulisan huruf Hiragana, huruf Hiragana.
Dalam sebuah karya tulis pasti tidak luput dari suatu kesalahan. Dalam penelitian ini fokus pada keterampilan berbahasa yaitu keterampilan menulis, terutama bentuk penulisan huruf Hiragana. Karena masih ada kesalahan yang terjadi pada bentuk penulisan huruf Hiragana yang dianggap spele pada siswa kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. Dalam mempelajari penuisan huruf Hiragana lebih baik dipahami dengan melakukan latihan berulang-ulang agar siswa dapat menulis huruf dengan baik dan benar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan penulisan huruf Hiragana serta faktor penyebab terjadinya kesalahan bentuk penulisan sehingga dapat mencari solusi yang dilakukan agar tidak terjadi kesalahan bentuk penulisan huruf Hiragana pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. Pada penelitian ini digunakan metode deskriptif kualitatif dan triangulasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 4 Surabaya yang berjumlah 29 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes, angket, observasi, serta wawancancara. Dan pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara pemberian tes tulis dan angket.
Dari hasil angket yang diberikan kepada siswa, lebih dari 50% siswa memilih jawaban S (Setuju) bahwa kesulitan dalam menghafalkan, mengingat, dan menuliskan coretan huruf Hiragana. Dari hasil wawancara siswa, sebagian besar baru belajar atau mengenal bahasa Jepang saat duduk di bangku SMA. Jangka waktu yang di peroleh dalam pembelajaran bahasa Jepang masih di anggap singkat karena masih banyak terjadi kesalahan dalam bentuk penulisan huruf Hiragana, sedangkan buku yang mereka gunakan adalah kira-kira nihongo.
ABSTRACT
Name : Ajeng Sari Wahidiyah Putri
Study Program : S1 Japanese Language Education
Faculty : Language and Art
Institution Name : Surabaya State University
Adviser : Didik Nurhadi, M.Pd., M.A., Ph.D.
Year : 2021
Keywords :
Error, hiragana writing difficulies, Hiragana alphabet.
There bound to be an error in every written reports. This study is focused towards the subject of writing skill, to be exact skill in writing Hiragana. The specimen of this study, 11th Grader of SMA Muhammadiyah 4 Surabaya oftenshows error in using Hiragana. Learning a new types of alphabets, in this case Hiragana can be achieved by writing the said subjects numerous times.
This study aimed to identify the types of errors, the factors causing the errors and to recommend some solutions to reduce the errors. The methods employed in this study are qualitative approaches with descriptive analysis and triangulation. As mentioned before, the specimen of this study are 11th Grader of SMA Muhammadiyah 4 Surabaya, which consist of 29 students. Various research instrument has been used such as academic test, questionnaire, observation and personal interview. Two of which used to gather data, which is written academic test and questionnaire.
From the data shown, the students had just learns Japanese Subject in the Highschool, therefore times needed to learns is still not much, hereby the difficulties. The book used by the students is Kira-Kira Nihongo. The questionnaire found that more than half of the student admits the difficulty of remembering the strokes order of a character, while personal interview made it clears as to why the students feel so.