Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis komputer yang baik dan layak digunakan pada mata pelajaran penerapan sistem radio dan televisi di SMK Negeri 3 Surabaya. Kelayakan media pembelajaran ditinjau dari tingkat validitas media pembelajaran berbasis komputer, kepraktisan ditinjau dari respon peserta didik, dan keefektifan ditinjau dari ketercapaian kompetensi peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Sugiyono, yang terdiri atas 7 langkah yaitu : (1) Potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Desain produk; (4) Validasi produk; (5) Revisi produk; (6) Uji coba produk; (7) Analisis dan pelaporan produk. Subyek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas XI TAV 2 SMK Negeri 3 Surabaya. Pada penelitian ini uji coba yang digunakan adalah one shot case study.
Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut : (1) Hasil rating validasi media pembelajaran sebesar 91.7% dengan kategori sangat valid; (2) Hasil rating validasi materi sebesar 78.45% dengan kategori valid; (3) Hasil rating validasi soal sebesar 89.5% dengan kategori sangat valid; (4) Hasil rating angket respon siswa terhadap media pembelajaran sebesar 89.3% dengan kategori sangat baik; (5) Rata-rata hasil belajar akhir siswa setelah menggunakan media pembelajaran adalah 86.5.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis komputer layak dan baik digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran penerapan sistem radio dan televii di SMK Negeri 3 Surabaya.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Berbasis Komputer, kevalidan, kepraktisan, keefektifan.
This study aims to produce computer based learning media that are good and fit for use on the subjects to the implementing radio and television systems in SMK Negeri 3 Surabaya. The feasibility media in terms of the validity media computer based learning, practicality in terms of the response of learners, and effectiveness in terms of achievement of the competence of learners
This research is a research development using Research and Development (R & D) developed by Sugiyono, which consists of 7 steps, namely: (1) Potentials and problems; (2) Data collection; (3) Product design; (4) Validation of product; (5) Product revisions; (6) Product trial; (7) Product analysis and reporting. The subjects of this research are students of class XI TAV 2 SMKN 3 Surabaya. In this research, the trial design used is one shot case study.
Based on the analysis of reasearch result, the following conclusions were obtained : (1) The result of learning media validation rating of 91.7% with very valid category; (2) The result of teaching materials validation rating of 78.45% with valid category; (3) The result of value validation rating of 89.5% with very valid category; (4) The result of the rating form student response against of learning media of 89.3% with very good category; (5) The average of student learning outcome after use this learning media is 86.5.
Based on these result it can be concluded that the computer based learning media developed it deserves and either used as a learning media subject to the implementing radio and television system in SMK Negeri 3 Surabaya.
Keywords : Computer based learning media, validity, practicality, effectiveness