The Relationship Between The Quality of Work Life with Psychological Well-Being in Teachers
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas kehidupan kerja dengan psychological well-being pada guru. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Pengambilan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dengan menggunakan 44 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala yang terdiri dari skala kualitas kehidupan kerja dan skala psychological well-being. Data penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan uji korelasi product moment dengan menggunakan software SPSS 25.0 for windows. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan terdapat hubungan antara kualitas kehidupan kerja dengan psychological well-being pada guru. Hasil ini dibuktikan dari taraf signifikansi sebesar 0.000 (p<0.05) dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,813. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara kualitas kehidupan kerja dengan psychological well-being pada guru. Hal ini menunjukkan jika semakin tinggi kualitas kehidupan kerja, maka akan semakin tinggi juga psychological well-being pada sekolah tersebut. Begitupun sebaliknya, jika semakin rendah kualitas kehidupan kerja makan semakin rendah juga psychological well-being.
This study aims to determine the relationship between the quality of work life with psychological well-being of teachers. The method in this study uses correlational quantitative research methods. Taking the number of samples in this study using a saturated sample technique using 44 teachers. The data collection technique in this study used a scale consisting of a quality of work life scale and a scale of psychological well-being. The research data obtained were analyzed using the product moment correlation test using SPSS 25.0 software for windows. The results of the analysis of the data obtained show that there is a relationship between the quality of work life and the psychological well-being of teachers. This result is evidenced by the significance level of 0.000 (p <0.05) with a correlation coefficient of 0.813. Based on these results, it can be concluded that there is a significant and positive relationship between the quality of work life and the psychological well-being of teachers. This shows that the higher the quality of work life, the higher the psychological well-being at the school. On the other hand, the lower the quality of work life, the lower the psychological well-being.