Mata pelajaran fisika materi alat optik berisi tentang konsep dan rumus. Dengan mempelajari materi alat optik siswa mampu menguasi tentang pemantulan, pembiasan, dan mengetahui pembentukan bayangan pada alat optik. Pada kenyataannya masih terdapat banyak siswa yang belum memahaminya. Untuk itu diperlukannya pengembangan media augmented reality pada mata pelajaran fisika materi alat optik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kelayakan media augmented reality yang dikembangkan, dan (2) Mengetahui keefektifan media augmented reality yang dikembangkan pada mata pelajaran fisika materi alat optik kelas X multimedia di SMK Negeri 12 Surabaya. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Research and Development (R&D) menurut Sugiyono. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes. Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data tentang studi pendahuluan untuk menemukan masalah pembelajaran yang terdapat di SMK Negeri 12 Surabaya, angket digunakan untuk menentukan kelayakan media dan materi, dan tes digunakan untuk menentukan keefektifan media berdasarkan pengukuran hasil belajar siswa. Terdapat 2 teknik analisis data yaitu teknik analisis data angket menggunakan rumus presentase dan teknik analisis data tes mengggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji kelayakan oleh ahli materi I dan II mendapat kategori Sangat Baik dengan presentase 95%, ahli media I dan II mendapat kategori Sangat Baik dengan presentase 100%. Sedangkan hasil uji coba perseorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar menunjukkan bahwa media augmented reality layak digunakan pada mata pelajaran fisika materi alat optik. Hasil analisis data test pre-test dan post test dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan analisis data uji test sehingga diperoleh thitung sebesar 2,82. Kemudian dikonsultasikan dengan menggunakan tabel distribusi uji t dengan taraf signifikasi 5% dan derajat pembagi (db) = (36+36)-2 = 70 maka diperoleh ttabel sebesar 1,9944. Didapatkan thitung lebih besar daripada ttabel (2,82 > 1,9944). Sehingga dapat dikatakan media augmented reality efektif digunakan pada pembelajaran. Dengan demikian setelah dilakukan penelitian pengembangan maka media augmented reality pada mata pelajaran fisika materi alat optik layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran kelas X multimedia SMK Negeri 12 Surabaya.
Kata kunci: Pengembangan, Augmented Reality, Alat Optik
Physics subject matter optics tool contains concepts and formulas. By studying the material of optics tool students are able to dominate the reflection, refraction, and know the formation of shadows on optics tools. In fact there are still many students who have not understood it. For this reason, the need to develop augmented reality media on the subject matter of optical instrument physics. The objectives of this study are (1) to find out the feasibility of augmented reality media developed, and (2) to determine the effectiveness of augmented reality media developed in physics subjects in multimedia instruments in class X at State 12 Vocational School Surabaya. The development model used is the Research and Development (R & D) development model according to Sugiyono. Methods of data collection using interviews, questionnaires, and tests. Interviews were used to collect data about preliminary studies to find learning problems found in State 12 Vocational School Surabaya, questionnaire used to determine the feasibility of media and material, and tests are used to determine the effectiveness of media based on measuring student learning outcomes. There are two data analysis techniques, namely questionnaire data analysis techniques using percentage formulas and test data analysis techniques using the t-test. Based on the results of data analysis, the results of the feasibility test by material experts I and II got the Very Good category with a percentage of 95%, media experts I and II got a very good category with a percentage of 100%. While the results of individual, small group, and large group trials show that media augmented reality is feasible to be used in physics subjects in optical instrument material. The results of the data analysis of the pre-test and post-test were carried out on the control class and the experimental class using test data analysis to obtain a tcount of 2.82. Then consulted using a distribution table t-test with a significance level of 5% and the degree of divider (db) = (36 + 36) -2 = 70, then obtained a table of 1.9944. Obtained tcount is greater than ttable (2.82> 1.9944). so that it can be said that augmented reality media is effectively used in learning. Thus, after the development research, the media augmented reality on the physics subject matter of optical devices is feasible and effectively used in the learning of multimedia class X of State 12 Vocational School Surabaya.
Keywords: Development, Augmented Reality, Optics Tool