RAGAM HIAS FLORA DAN FAUNA SEBAGAI INSPIRASI MELUKIS BAGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TUBAN
ORNAMENTAL FLORAL AND FAUNA A SOURCE OF PAINTING INSPIRATION FOR CLASS XI STUDENTS AT SMA NEGERI 1 TUBAN
Ragam hias flora dan fauna termasuk satu dari beragam kekayaan budaya yang harus dipertahankan karena pengaruh budaya luar yang semakin besar terhadap generasi muda. Pendidikan seni dapat dijadikan upaya pengenalan lebih dalam tentang ragam hias untuk generasi muda.
Berdasar pada latar belakang tersebut, permasalahan yang diangkat ialah: 1) Media apa yang dipakai siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tuban untuk melukis dengan ragam hias flora dan fauna sebagai inspirasi? 2) Bagaimanakah proses pembelajaran seni rupa menggunakan ragam hias flora dan fauna sebagai inspirasi melukis bagi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tuban? 3) Bagaimanakah respon siswa terhadap ragam hias flora dan fauna sebagai inspirasi melukis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tuban ? 4) Bagaimanakah hasil karya siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tuban dengan ragam hias flora dan fauna sebagai inspirasi melukis ?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, sumber data diperoleh dari guru seni beserta siswa SMA Negeri 1 Tuban, dan data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi foto merupakan rangkaian kegiatan yang digunakan dalam penelitian ini. Untuk menganalisis data menggunakan reduksi, penyajian data, dan pengambilan simpulan.
Hasil penelitian ragam hias flora dan fauna sebagai inspirasi melukis bagi peserta didik XI di SMA Negeri 1 Tuban yaitu menggunakan media kanvas dengan ukuran 50x50 cm dan cat akrilik dalam proses siswa berkarya. Dalam proses pembelajaran guru seni menggunakan kegiatan penyampaian materi, diskusi dengan siswa, kegiatan apresiasi serta praktik kreasi dalam berkarya seni dua dimensi. Mengenai respon siswa tentang ragam hias flora dan fauna sebagai inspirasi melukis sebagian besar siswa memberi respon yang baik dan minat yang tinggi pada kegiatan pembelajaran ini. Hasil karya siswa dibagi menjadi tiga ketegori yaitu kategori baik, cukup baik, dan kurang baik. Pengelompokan hasil karya siswa ini dinilai menggunakan aspek penilaian meliputi kerapian, ide gagasan yang didapat dari beberapa ragam hias sebagai inspirasi, serta pemahaman siswa dalam pengaplikasian atau penerapan unsur serta pinsip seni lukis yang digunakan siswa dalam kegiatan berkarya seni lukis menggunakan ragam hias flora dan fauna sebagai inspirasi. Hasil karya yang telah dikelompokkan sesuai aspek penilaian tersebut diambil sampel 6 hasil karya terbaik dari keseluruhan karya, 2 karya mewakili kategori baik, 3 karya mewakili kategori cukup baik, dan 1 karya mewakili kategori kurang baik.
Kata Kunci : seni lukis, ragam hias, flora dan fauna
The ornamental variety of flora and fauna is one of the various cultural treasures that must be maintained due to the increasing influence of foreign cultures on the younger generation. Art education can be used as an effort to introduce deeper about decorative arts for the younger generation.
Based on this background, the issues raised are: 1) What media do class XI students of SMA Negeri 1 Tuban use to paint with decorative flora and fauna as inspiration? 2) How is the process of learning fine arts using decorative flora and fauna as inspiration for painting for class XI SMA Negeri 1 Tuban? 3) How is the student's response to the decorative flora and fauna as an inspiration for painting for class XI SMA Negeri 1 Tuban? 4) How is the work of class XI students at SMA Negeri 1 Tuban with decorative flora and fauna as inspiration for painting?
This study used a qualitative research type, data sources were obtained from art teachers and students of SMA Negeri 1 Tuban, and research data were obtained from observation, interviews, and photo documentation, which are a series of activities used in this study. To analyze data using reduction, data presentation, and drawing conclusions.
The results of research on decorative flora and fauna as inspiration for painting for XI students at SMA Negeri 1 Tuban are using canvas media with a size of 50x50 cm and acrylic paint in the process of students creating. In the learning process the art teacher uses material delivery activities, discussions with students, appreciation activities and creative practices in creating two- dimensional art. Regarding students' responses to the decorative flora and fauna as inspiration for painting, most students gave a good response and high interest in this learning activity. The students' work is divided into three categories, namely good, good enough, and not good categories. The grouping of students' work is assessed using aspects of the assessment including neatness, ideas obtained from various decorations as inspiration, as well as students' understanding of the application or application of the elements and principles of painting used by students in painting activities using decorative flora and fauna as inspiration. The results of the works that have been grouped according to the aspect of the assessment are taken as a sample of 6 best works from all works, 2 works represent the good category, 3 works represent the fairly good category, and 1 work represents the poor category.
Keyword : painting, decoration, flora and fauna