Konstruksi Single Parent Tentang Pendidikan Anak Pada Keluarga Ekonomi Menengah Ke Bawah
Single Parent Construction Regarding Children's Education In The Middle To Lower Economic Community
Penelitian ini bertujuan untuk memahami konstruksi single parent tentang pendidikan anak pada masyarakat menengah ke bawah di Kelurahan Sutojayan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan konstruktivis. Teori yang digunakan yaitu teori Peter L. Berger tentang konstruksi sosial. Konstruksi sosial menjelaskan tentang realitas subjektif dan realitas objektif ditengah masyarakat. Konstruksi sosial dibentuk melalui 3 tahap yang meliputi ekternalisasi, objetifikasi, internalisasi. 1 Eksternalisasi yaitu penyesuaian diri yang dilakukan oleh masyarakat tentang pendidikan anak dipengaruhi oleh perubahan zaman serta realitas yang terjadi di masyarakat. 2 Objektifikasi yaitu kesadaran individu akan pendidikan melahirkan sebuah tindakan dengan pemberian pendidikan kepada anak. 3 Internalisasi yaitu setiap tindakan serta realitas akan pendidikan yang terjadi di masyarakat maupun dari keluarga besar, oleh orang tua tunggal dimaknai dan diterapkan dalam keluarga kecilnya. Tingginya pendidikan yang diberikan oleh orang tua tunggal dipengaruhi oleh pendapatan serta pengasuhan. Orang tua tunggal memiliki perbedaan pandangan dan pemaknaan yang beda tentang pendidikan.
This research is aimed to understand the single parent constructs about children's education in the middle to lower classes in Sutojayan Village. This research is a qualitative research with a constructivist approach. The theory used is Peter L. Berger's theory of social construction. Social construction explains the subjective reality and objective reality that exists in the middle of society. Social construction is formed through 3 stages which include. 1 Externalization is the adjustment made by the community about children's education is influenced by the changing times and the reality that occurs in the community. 2 Objectification, namely individual awareness of education gives birth to an action by providing education to children. 3 Internalization, namely every action and reality of education that occurs in the community or from large families, by a single parent is interpreted and then applied in his small family. The high level of education provided by single parent is influenced by the income and parenting. So that single parents have different views and different meanings about education.