Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan iSpring Suite 11 Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi Kelas X SMK
Development Of Interactive Learning Media Assisted By iSpring Suite 11 On The Basic Accounting Subject Class X Vocational School
Proses pembelajaran tentunya membutuhkan sarana dan prasarana guna mendukung pembelajaran yang lebih baik, salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran. Seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, penggunaan media pembelajaran perlu disesuaikan dan diperhatikan lagi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbantuan iSpring Suite 11 pada mata pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi untuk kelas X, mengetahui kelayakan media yang dikembangkan, serta mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan.
Dalam penelitian ini model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE dengan tahapan analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dilakukan telaah dan validasi terlebih dahulu oleh ahli materi, ahli bahasa, serta ahli media. Selanjutnya dilakukan uji coba terbatas pada 20 peserta didik kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri di Surabaya.
Hasil validasi ahli diperoleh kriteria sangat layak dengan rata-rata presentase kelayakan untuk ahli materi sebesar 91,88%, presentase kelayakan untuk ahli bahasa sebesar 96,36%, serta presentase kelayakan untuk ahli media sebesar 94%. Sedangkan untuk respon peserta didik diperoleh kriteria sangat baik dengan presentase sebesar 97,98%. Dengan demikian diperoleh hasil akhir bahwa produk media pembelajaran interaktif berbantuan iSpring Suite 11 sangat layak untuk dijadikan media pembelajaran dalam proses pembelajaran dengan rata-rata kelayakan ≥ 61%.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, iSpring Suite 11, Dasar-Dasar Akuntansi
The learning process certainly requires facilities and infrastructure to support better learning, one of which is the use of learning media. As time goes by and technology advances, the use of learning media needs to be adjusted and given more attention. This research was carried out with the aim of developing interactive learning media assisted by iSpring Suite 11 in the Basics of Accounting subject for class.
In this research, the development model used is ADDIE with stages of analysis, design, development, implementation and evaluation. The interactive learning media developed is first reviewed and validated by material experts, language experts and media experts. Next, a limited trial was carried out on 20 students in class X Accounting and Finance at State Vocational Schools in Surabaya.
The expert validation results showed that the criteria were very feasible with an average feasibility percentage for material experts of 91,88%, a feasibility percentage for linguists of 96,36%, and a feasibility percentage for media experts of 94%. Meanwhile, for student responses, the criteria were very good with a percentage of 97,98%. Thus, the final result is that the interactive learning media product assisted by iSpring Suite 11 is very suitable to be used as learning media in the learning process with an average feasibility of ≥ 61%.
Keyword: Interactive Learning Media, iSpring Suite 11, Accounting Basics