Pengembangan Media Pembelajaran E-modul Pada Elemen Dasar Fashion Design di SMKN 1 Sooko Mojokerto
Development Of Learning Media E-Module On Basic Elements Of Fashion Design At SMKN 1 Sooko Mojokerto
Pada Elemen Dasar Fashion Design (DFD) yang dipelajari pada kelas X terdapat materi bagian dan bentuk busana yang perlu dikembangkan media pembelajarannya agar dapat membantu dan mempermudah proses mempelajari materi. Media pembelajaran yang dikembangkan berupa e-modul. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development atau R & D. Penelitian R & D adalah aktifitas riset dasar untuk mendapatkan informasi kebutuhan pengguna (needs assessment) ,kemudian dilanjutkan kegiatan pengembangan (development) untuk menghasilkan produk, dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat validitas e-modul ahli media sebesar 3,38 dengan kategori sangat valid, ahli materi sebesar 3,27 dengan kategori sangat valid, dan ahli bahasa sebesar 3,20 dengan kategori valid. Dari data tersebut diperoleh hasil akhir rata-rata sebesar 3,28 dengan kategori sangat valid. Hasil belajar siswa secara klasikal terhadap media pembelajaran e-modul memperoleh sebesar 93,3,% dengan kategori tercapai dengan sangat baik. Respon siswa terhadap media pembelajaran e-modul bagian dan bentuk mendapat hasil skor 79,8% dengan kategori sangat baik.
Kata kunci : Pengembangan, media pembelajaran, e-modul, bagian dan bentuk busana.
In the Basic Elements of Fashion Design (DFD) studied in the 10th grade, there is material on the parts and shapes of clothing that needs to be developed in terms of learning media to help facilitate the process of studying the material. The developed learning media takes the form of e-modules. This development research uses the Research and Development (R&D) method. R&D research is a basic research activity aimed at obtaining information on user needs (needs assessment), which is then followed by development activities to produce a product, using the ADDIE development model. (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). The results of this study show that the validity level of the media expert e-module is 3.38, categorized as very valid, the material expert is 3.27, also categorized as very valid, and the language expert is 3.20, categorized as valid. From this data, the final average result obtained is 3.28, categorized as very valid. The classical learning outcomes of students using the E-Module learning media achieved a score of 93.3%, categorized as very well accomplished. Student responses to the E-Module learning media in terms of content and format received a score of 79.8%, categorized as very good.
Keywords: Development, learning media, e-modules, parts and forms of clothing.