EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA MOTIF BATIK DI KAMPOENG BATIK JETIS SIDOARJO
ETHNO-MATHEMATICAL EXPLORATION OF BATIK MOTIFS IN KAMPOENG BATIK JETIS SIDOARJO
Etnomatematika merupakan studi mengenai ide matematika yang dapat dijumpai pada suatu budaya. Batik Sidoarjo yang berpusat di Kampoeng Batik Jetis merupakan salah satu hasil dari budaya di Indonesia. Batik Sidoarjo merupakan perpaduan batik Sidoarjo asli dengan batik pesisiran yang mempunyai motif yang khas, di antaranya seperti Udeng (udang dan bandeng), Beras Utah, dan Merak yang mana motif tersebut berkaitan dengan kosep-konsep matematika, salah satu di antaranya yaitu konsep geometri, transformasi geometri, dan pola bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan eksplorasi etnomatematika pada motif batik di Sidoarjo yang dapat digunakan sebagai penerapan konsep-konsep matematika dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa motif batik di Sidoarjo dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan konsep-konsep matematika melalui budaya dalam pembelajaran, konsep-konsep tersebut yaitu geometri transformasi dan bangun datar.
Kata Kunci: Etnomatematika, Budaya, Konsep Matematika, Motif Batik, Batik Sidoarjo.
Ethnomatemtics is a study of mathematical ideas that can be found in a culture. Batik Sidoarjo which is headquartered in Kampoeng Batik Jetis is one of the products of Indonesian culture. Sidoarjo batik is a combination of original Sidoarjo batik and coastal batik which has distinctive motifs, such as Udeng (shrimp and milkfish), Beras Utah, and Merak, which are related to mathematical concepts, one of which is the concept of geometry, geometric transformation, and number patterns. This study aims to describe the ethno-mathematical exploration of batik motifs in Sidoarjo which can be used as the application of mathematical concepts in learning. This type of research is a qualitative study using an ethnographic approach. The results of this study indicate that batik motifs in Sidoarjo can be used to introduce mathematical concepts through culture in learning, these concepts are the geometry of transformations and flat shapes.
Keywords: Ethnomathematics, Culture, Mathematical concepts, Batik Motif, Batik Sidoarjo.