PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK PADA PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DWP BANJARAN
DEVELOPMENT OF BIG BOOK LEARNING MEDIA IN SEX EDUCATION FOR CHILDREN AGED 4-5 YEARS AT DWP BANJARAN KINDERGARTEN
Penelitian ini di latar belakangi oleh tingkat pengenalan pendidikan seks untuk anak usia dini di TK Banjaran hanya diberikan pada saat pembelajaran tema “Diriku” dan pembelajaran yang dilakukan hanya mengenalkan ciri-ciri dari anak laki-laki dan perempuan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan efektifitas dari media pembelajaran big book pendidikan seks untuk anak usia dini. Metode dalam penelitian pengembangan ini menggunakan R&D (Research and Development) yang mengacu pada model ADDIE. Validitas pada penelitian adalah ahli media dan materi. Sampel penelitian adalah anak usia 4-5 tahun dengan jumlah 30 anak di TK DWP Banjaran. Teknik pengumpulan data penelitian berupa lembar angket atau kuisioner dan lembar observasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis N-gain. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa media pembelajaran big book pada pendidikan seks untuk anak usia 4-5 tahun layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Kelayakan ahli media termasuk kategori sangat layak (92%) dan ahli materi termasuk kategori sangat layak (89%). Berdasarkan uji efektivitas termasuk kategori sedang (0.63), sehingga media pembelajaran big book pada pendidikan seks untuk anak usia 4-5 tahun dinyatakan sangat layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran yang bermanfaat untuk mengenalkan pendidikan seks serta meningkatkan perkembangan kognitif anak.
This research is motivated by the fact that the level of introduction to sex education for early childhood in Banjaran Kindergarten is only given when learning the theme "Myself" and the learning that is carried out only introduces the characteristics of boys and girls. The research aims to determine the process of development, feasibility, and effectiveness of the big book learning media for sex education for early childhood. The method in this development research uses R&D (Research and Development) which refers to the ADDIE model. The validity of the research is media and material experts. The research sample was children aged 4-5 years with a total of 30 children in the Banjaran DWP Kindergarten. Research data collection techniques in the form of questionnaires or questionnaires and observation sheets. Research data analysis techniques using N-gain analysis. Based on the results of the study it is known that the big book learning media in sex education for children aged 4-5 years is appropriate to be used to improve children's cognitive abilities. The eligibility of media experts is in the very feasible category (92%) and material experts are in the very feasible category (89%). Based on the effectiveness test, it is included in the moderate category (0.63), so that the big book learning media in sex education for children aged 4-5 years is declared very feasible and effective as a learning medium that is useful for introducing sex education and improving children's cognitive development.