ABSTRAK
EFEKTIVITAS APLIKASI MY PELINDO DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PT. PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) CABANG TANJUNG PERAK SURABAYA
Nama : Achmad Zakariya
NIM : 15040674080
Jurusan : Administrasi Publik
Program Studi : S1 Ilmu Administrasi Negara
Fakultas : Ilmu Sosial dan Hukum
Universitas : Universitas Negeri Surabaya
Dosen Pembimbing : Fitrotun Niswah, S.AP., M.AP.,
Aplikasi my pelindo merupakan bentuk fasilitas kerja dari PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) untuk para pegawai, yang bertujuan untuk memudahkan para pegawai dalam melakukan aksi dan menerima informasi melalui fitur-fitur yang ada. Dengan adanya aplikasi my pelindo pegawai menjadi lebih muda dalam melakukan absensi, vote, menerima berita, mengisi kuisioner, SMKI dan sebagainya sehingga mampu memberikan motivasi semangat kerja yang berdampak pada peningkatan kinerja pegawai. Aplikasi my pelindo merupakan wujud realisasi Perdir No. 96/0S.0102/P.III-2014 tentang Kebijakan Tata Kelola Teknologi Informasi Di Lingkungan PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang dilaksanakan dalam program kerja Divisi Teknologi Informasi yang masuk kedalam Enterprise Empowerment yaitu pengembangan sistem aplikasi korporat sebagai single centralized application untuk mendukung proses bisnis pendukung (SDM, Keuangan, Locking, Corporate Mobile Service) di kantor pusat serta cabang. Sehingga dapat memudahkan dan memberikan pelayanan yang terstandardisasi
serta meningkatkan kenyamanan bagi pegawai, traceability dan auditability.
Tujuan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas aplikasi my pelindo dalam meningkatkan kinerja pegawai PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan indikator efektifitas menurut Tangkilisan (dalam, Maeyasari 2012 :19) yang terdiri dari 4 indikator yaitu pencapaian target, kemampuan beradaptasi, kepuasan kerja dan tanggungjawab. Dalam penelitian ini peneliti mengambil 82 responden dari 448 populasi, teknik pengumpulan data yang digunakan melalui kuisioner yang kemudian dianalisis menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan aplikasi my pelindo di PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak sudah berjalan efektif, dengan rincian skor pencapaian target sebesar 84,6% kategori sangat efektif, kemampuan beradaptasi sebesar 82,6% kategori efektif , kepuasan kerja sebesar 78,9% kategori efektif dan tanggungjawab sebesar 79,3% kategori efektif.
Kata Kunci : Efektivitas, Aplikasi My Pelindo, Kinerja
ABSTRACT
EFFECTIVENESS OF MY PELINDO APPLICATION IN IMPROVING PERFORMANCE OF EMPLOYEES PT. PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) TANJUNG PERAK BRANCH SURABAYA
Name : Achmad Zakariya
Department : Public Administration
Program of Study : S1 Public Administration
Faculty : Social Sciences and Law
University : Surabaya State University
Advisor : Fitrotun Niswah, S.AP., M.AP.,
My Pelindo application is a form of work facility from PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) for employees, which aims to make it easier for employees to take action and receive information through existing features. With the application of my pelindo employees become younger in attendance, vote, receive news, fill out questionnaires, ISMS and so on so as to provide motivation to work morale which has an impact on improving employee performance. My Pelindo application is a manifestation of Perdir No. 96 / 0S.0102 / P.III-2014 concerning Information Technology Governance Policies in PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) which is implemented in the Information Technology Division work program that is incorporated into the Enterprise Empowerment, namely the development of a corporate application system as a single centralized application to support supporting business processes (HR, Finance, Locking, Corporate Mobile Service) at headquarters and branches. So that it can facilitate and provide standardized services and increase comfort for employees, traceability and auditability.
The purpose of this research is to measure the effectiveness of my pelindo application in improving the performance of employees of PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Tanjung Perak Branch Surabaya. The type of research used is quantitative by using indicators of effectiveness according to Tangkilisan (in, Maeyasari 2012: 19) which consists of 4 indicators namely achievement of targets, adaptability, job satisfaction and responsibility. In this study the researchers took 82 respondents from 448 populations, data collection techniques used through questionnaires were then analyzed using quantitative methods. The results of the study show the application of my pelindo application at PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Tanjung Perak Branch has been running effectively, with details of the target achievement score of 84.6%, the category is very effective, adaptability is 82.6% effective category, job satisfaction is 78.9% effective category and responsibility is 79,3% effective category.
Keywords : Effectiveness, My Pelindo Application, Performance