Selama ini siswa kelas X TPM tahun ajaran 2017-2018 di SMKN 1 Sarirejo Lamongan kesulitan mengembangkan aspek kognitif pada mata pelajaran Dasar Teknik Mesin khususnya pada kompetensi dasar prosedur pengoperasian mesin umum sehingga masih banyak siswa yang belum mencapai nilai KKM. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian pengembangan modul ajar yang menarik dan bisa membantu siswa untuk mengembangkan aspek kognitifnya dengan judul, “Pengembangan Modul Ajar Pengoperasian Mesin Umum”. Di dalam pokok bahasan ini terdiri dari: 1)persiapan untuk mesin umum, 2) prosedur pengoperasian mesin umum, 3) memeriksa komponen kerja. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (four D model) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) pendefinisian (Define), (2) perancangan (Design), (3) pengembangan (Develop), (4) penyebaran (Disseminate). Tahap pendefinisian meliputi analisis awal, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas dan spesifikasi tujuan pembelajaran. Tahap perancangan terdiri dari penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format, dan perancangan awal (desain awal). Pada tahap pengembangan terdiri dari validasi modul oleh dosen ahli, angket respon siswa dan soal pre test post test untuk siswa. Sedangkan untuk tahap penyebaran tidak dilakukan dikarenakan terbatasnya waktu penelitian.Hasil dari penelitian menunjukkan (1) rata-rata skor penilaian modul 3,56 dengan kategori sangat valid dan jika dipersentasekan menjadi 89%; (2) 57% siswa menunjukkan respon sangat baik dan 42% merespon baik terhadap modul. Jadi, 95% merespon positif terhadap penggunaan modul; (3) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata hasil belajar tahap pertama 40 dan rata-rata hasil belajar tahap kedua 80. Jadi, pada hasil belajar tahap kedua sebanyak 17 siswa mendapat nilai diatas KKM dengan daya serap sebanyak 89%.
Kata kunci : modul ajar pengoperasian mesin umum, 4D (four D model), hasil belajar
So far, students of class X TPM in the 2017-2018 academic year at SMK 1 SarirejoLamongan have difficulty developing cognitive aspects in Basic Engineering Mechanical subjects, especially in the basic competencies of general machine operating procedures so there are still many students who have not yet achieved KKM scores. Therefore, researchers conduct interesting teaching module development research and can help students to develop their cognitive aspects with the title, "Development of Teaching Modules for General Machine Operations". In this subject consists of: 1) preparation for general machines, 2) general machine operating procedures, 3) checking work components. This study uses a 4-D development model (four D models) consisting of 4 stages, namely: (1) defining (Define), (2) design (Design), (3) development (Develop), (4) deployment (Disseminate ) The defining stage includes initial analysis, student analysis, concept analysis, task analysis and specification of learning objectives. The design phase consists of the preparation of tests, media selection, format selection, and initial design (initial design). At the development stage consists of module validation by expert lecturers, student response questionnaires and pre test post test questions for students. Whereas the deployment stage was not carried out due to the limited time of the study. The results of the study showed (1) the average score of the module assessment was 3.56 with a very valid category and if it was deferred to 89%; (2) 57% of students showed a very good response and 42% responded well to the module. So, 95% respond positively to the use of modules; (3) student learning outcomes have increased from the average value of the first stage of learning outcomes 40 and the second stage of the average learning outcomes 80. So, in the second stage of the learning outcomes as many as 17 students scored above KKM with 89% absorption.
Keywords: general machine operation teaching module, 4D (four D models), the results of the study