Pembelajaran geografi yang
telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro di kelas X belum
mencerminkan konsep pendidikan abad 21, seperti membimbing kemampuan aktif
dan kritis siswa, kemampuan menyelesaikan masalah, berkomunikasi, dan bekerja sama. Persentase observasi aktivitas siswa awal (25%),
disebabkan oleh kurangnya siswa dalam berinteraksi, serta kurang berpartisipasi
aktif dalam pembelajaran .
Siswa lebih
sering bermain
ponsel sendiri, berbicara sendiri, dan mengganggu temannya. Tujuan penelitian untuk mengetahui aktivitas siswa dan
hasil belajar siswa, dalam kompetensi dasar (KD) dinamika atmosfer dan
dampaknya bagi kehidupan setelah penerapan model pembelajaran problem based learning .
Jenis penelitian ini merupakan
deskriptif kuantitatif, menggunakan metode
pre eksperiment design one group pretes-postes. Sampel
penelitian mengambil kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro
2021/2022. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi
aktivitas siswa, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis data aktivitas belajar siswa, menghitung n-gain score
aktivitas siswa, uji rata-rata sampel berpasangan aktivitas siswa, dan
menganalisis nilai tes dari hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan
keberhasilan eksperimen problem based
learning , diketahui dari peningkatan aktivitas siswa. Pra
eksperimen aktivitas positif diangka 25%, setelah eksperimen aktivitas positif
diangka 67%. Pra eksperimen aktivitas negatif diangka 16%, setelah eksperimen
aktivitas negatif diangka 14%. Perbandingan aktivitas positif naik 42%,
sedangkan aktivitas negatif mengalami penurunan 2%. Aktivitas positif berada
pada kategori baik (B), sedangkan aktivitas negatif kategori cukup (C).
Pembagian skor n-gain didapatkan 0,3 dalam kategori sedang. Hasil uji
normalitas berdistribusi normal (terima H 0 ),
karena p value 0,509 > alfa 0,05 dapat dilanjutkan uji rata-rata 2 sampel
berpasangan. Hasil uji sampel T berpasangan didapatkan nilai p value 0.002 <
alfa 0.05 sehingga (H 0
ditolak). H1 = terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah eksperimen. Hasil belajar siswa dari nilai rata-rata kelas diangka 76,1. Nilai tertinggi diangka 84,
sedangkan nilai terendah di angka 36. P ersentase
ketuntasan kelas diangka 69%.
Kata
Kunci : Pembelajaran Berbasis
Masalah, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar.