Determinan Minat Nasabah Menggunakan Jasa Bank Syariah Indonesia (BSI)
Determinants Of Customer Interest In Using Indonesian Islamic Bank Services (BSI)
Meningkatnya perkembangan Bank Syariah di Indonesia dilihat dari jaringan kantor Bank Syariah meningkat sebesar 3% dari tahun 2020 ke tahun 2021. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh persepsi bagi hasil, literasi keuangan syariah, kualitas layanan e-banking terhadap minat nasabah menggunakan jasa BSI dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Data pada penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan dengan kuesioner yang dibagikan kepada 400 responden nasabah BSI yang ditentukan dengan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Moderating Regression Analysis (MRA) dengan bantuan SPSS 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi bagi hasil, literasi keuangan syariah dan kualitas layanan e-banking memiliki pengaruh positif terhadap minat nasabah menggunakan jasa BSI baik secara parsial maupun simultan, religiusitas tidak mampu memoderasi pengaruh persepsi bagi hasil, literasi keuangan syariah dan kualitas layanan e-banking terhadap minat menggunakan jasa BSI. Saran penelitian ini adalah literasi keuangan syariah dan religiusitas yang dimiliki nasabah perlu diimplementasikan dalam perilaku termasuk dalam hal menggunakan jasa BSI. Selain itu, agar minat menggunakan jasa BSI meningkat maka disarankan BSI meningkatkan strategi marketingnya.
Kata Kunci : Persepsi Bagi Hasil, Literasi Keuangan Syariah, Kualitas Layanan E-banking, Minat, Religiusitas
The increasing development of Islamic Banks in Indonesia is seen from the Islamic Bank office network increasing by 3% from 2020 to 2021. Therefore, the purpose of this study is to explain the effect of profit sharing perceptions, Islamic financial literacy, e-banking service quality on customer interest in using BSI services with religiosity as a moderating variable. The data in this study used primary data collected by questionnaires distributed to 400 BSI customer respondents determined by the slovin formula. The sampling technique used accidental sampling technique. The analysis technique in this study used Moderating Regression Analysis (MRA) with the help of SPSS 25.
The results of this study indicate that profit sharing perceptions, Islamic financial literacy and e-banking service have a positive influence on customer interest in using BSI services both partially and simultaneously, religiosity is not able to moderate the effect of profit sharing perceptions, Islamic financial literacy and e-banking service quality on interest in using BSI services. The suggestion of this research is that Islamic financial literacy and religiosity owned by customers' need to be implemented in behavior including in terms of using BSI services. To increase the interest of using BSI service, it is recommended for BSI to improve their marketing strategy.
Keywords: Perception of Profit Sharing, Islamic Financial Literacy, E-banking Service Quality, Interest, Religiosity