Komunikasi interpersonal adalah proses penyampaian dan penerimaan pesan anatara pengirim pesan (sender) dengan penerima (receiver) baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII-F di SMP Negeri 1 Gresik. Penelitian ini menggunakan pre experimental design dengan bentuk one group pre-test and post-test design. Dengan subyek yang memiliki komunikasi interpersonal kategori rendah sebanyak 8 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket komunikasi interpersonal dengan 60 item pernyataan.
Teknik analisis data menggunakan uji tanda. Dari hasil analisis data, dengan melihat tabel tes binominal probabilities dengan ketentuan N = 8 x = 0 maka diperoleh p (kemungkinan harga dibawah ) = 0,003. Bila dalam ketetapan taraf kesalahan sebesar 5% adalah 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa harga 0,003 < 0,05. Berdasarkan hal ini maka hipotesis penelitian yang berbunyi “Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII-F di SMP Negeri 1 Gresik” diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik sosiodrama dapat meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII-F di SMP Negeri 1 Gresik.
Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Komunikasi Interpersonal
Interpersonal communication is the process of delivering and receiving messages beetwen sender of the message (sender) and the recipient (receiver), either directly or indirectly. This study aims to determine the application of group guidance sociodramas techniques to improve interpersonal communication class VIII-F SMP Negeri 1 Gresik. This study uses a pre-experimental design to form one group pre-test and post-test design. With subjects who had lower category of interpersonal communication as much as 8 students. Data collection techniques used in this study of interpersonal communication questionnaire with 60 items of the statement.
Data were analyzed using the sign test. From the results of data analysis, with a view table test binomial probabilities with the provisions of N = 8 x = 0 to obtained p (probability priced below ) = 0.003. If the provisions of 5% error level is 0.05 then it can be concluded that the price of 0.003 <0.05. Based on this, the research hypothesis which reads “The Application with Sociodrama Technique to Improve Interpersonal Communication In VIII-F Class at SMPN 1 Gresik” accepted. It can be concluded that the counseling group sociodrama technique can improve interpersonal communication level of grade VIII-F at State Junior High School 1 Gresik.
Keywords: Group Counseling, Sociodrama Technique, Communication Interpersonal