PENGEMBANGAN MEDIA BIFLA PANCASILA UNTUK MATERI PANCASILA SEBAGAI NILAI KEHIDUPAN DI SEKOLAH DASAR
DEVELOPMENT OF BIFLA MEDIA PANCASILA MEDIA DEVELOPMENT FOR PANCASILA MATERIAL AS THE VALUE OF LIFE IN ELEMENTARY SCHOOL
Penelitian pengembangan ini dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan di SDN Sidodadi 1/153 Surabaya. Permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya maksimal dalam penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran yang dinamakan BIFLA (Bigbook dan Flashcard Pancasila). Tujuan penelitian ini ialah guna mendeskripsikan dalam proses pengembangan, menguji kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan media BILFA (Bigbook dan Flashcard Pancasila). Penelitian pengembangan ini menggunakan metode ADDIE. Hasil pengembangan media BIFLA diuji kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan. Berdasarkan hasil lembar validasi materi mendapatkan 95,5% dan validasi media mendapatkan 100% dengan revisi sehingga dapat dikategorikan sangatlah valid. Kepraktisan berdasarkan hasil dari respon peserta didik mendapatkan persentase 98% dengan kategori sangatlah praktis, serta hasil dari guru menunjukkan bahwa media tersebut sangat sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran dikarenakan membantu peserta didik ketika memahami materi dengan lebih mudah. Keefektifan berdasarkan hasil dari pretest dan postest yang mendapatkan persentase 80% dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian, media BIFLA (Bigbook dan Flashcard Pancasila) dinyatakan valid, praktis, juga efektif hingga layak digunakan dalam pembelajaran materi Pancasila sebagai nilai kehidupan di sekolah dasar.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, BIFLA (Bigbook dan Flashcard Pancasila), Pancasila Sebagai Nilai Kehidupan
This development research was conducted to overcome the problems found at SDN Sidodadi 1/153 Surabaya. The problem faced is the lack of maximum use of learning media. This research learning media called BIFLA (Bigbook and Flashcard Pancasila). The purpose of this study is to describe the development process, test the validity, practicality, and effectiveness of BILFA (Bigbook and Flashcard Pancasila) media. This development research uses the ADDIE method. The results of BIFLA media development were tested for validity, practicality, and effectiveness. Based on the results of the material validation sheet getting 95.5% and media validation getting 100% with revisions so that it can be categorized as very valid. Practicality based on the results of the students' responses get a percentage of 98% with a very practical category, and the results of the teacher show that the media is very suitable for use in learning because it helps students when understanding the material more easily. Effectiveness based on the results of the pretest and postest which get a percentage of 80% with a very effective category. Thus, BIFLA (Bigbook and Flashcard Pancasila) media is declared valid, practical, as well as effective until it is feasible to use in learning Pancasila material as a value oflife in elementary school.
Keywords: Learning Media, BIFLA (Bigbook and Flashcard Pancasila), Pancasila as the Value of Life