ABSTRAK
Berdasarkan pengamatan peneliti, didapatkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam menulis karangan bahasa Jerman. Oleh karena itu, dikembangkan media Reisen-Disc untuk pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman SMA. Media Reisen-Disc seperti gambar berseri berbentuk CD yang dapat diputar. Media ini berisi soal latihan untuk pembelajaran keterampilan menulis dengan tema Reisen dan subtema Ferien und Urlaub. Rumusan masalah penelitian ini adalah: bagaimana proses pengembangan media Reisen-Disc. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan media menurut Asyhar, yang terdiri dari (1) analisis kebutuhan; (2) merumuskan tujuan pembelajaran; (3) merumuskan butir-butir materi; (4) menyusun instrumen evaluasi; (5) menyusun naskah/draft media; (6) melakukan validasi ahli. Instrumen yang digunakan adalah angket. Angket diberikan kepada ahli materi dan media untuk validasi. Setelah melakukan validasi didapatkan hasil 93,75% untuk materi dan 93,75% untuk media. Berdasarkan hal tersebut, media ini layak digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman.
Kata kunci: Media Reisen-Disc, pengembangan, bahasa Jerman
ABSTRACT
Based on the observations of the researchers, obtained that students have difficulty in writing German languange essays. Therefore, developed Reisen-Disc media for learning Germany language writing skills. Reisen-Disc media such as a CD-shaped series of images can be rotated. This media contains reserved exercises for learning writing skills with Reisen theme and Ferien und Urlaub subtheme. The outline of the research problem is: How does the process of developing media Reisen-Disc for learning Germany Language writing skills. The model used is the development model of the development of media according to the Asyhar, which consists of (1) needs analysis; (2) formulating learning objectives; (3) formulating the details of the material; (4) drafting of evaluation instruments; (5) crafting scripts/draft media; (6) perform validation experts. The instruments used is a questionnaire. Questionnaires are given to the material and media experts for validation. After validation of the results obtained by 93.75% to 93.75% for material and media. Based on this, the media is worthy used in learning German language skills.
Keywords: Reisen-Disc Media, development, German languange