Abstrak
Sekolah Rakyat Bhinneka (SRB) merupakan salah satu Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang ada di Surabaya. SRB didirikan melalui kerja sama antara Mahasiswa Unesa dengan Masyarakat guna memberikan tambahan pengetahuan kepada anak-anak usia sekolah di Lidah Kulon. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mekanisme SRB dalam menanamkan nilai-nilai kebhinnekaan pada anak usia sekolah di Lidah Kulon. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan metode yang digunakan SRB dalam menanamkan nilai-nilai kebhinnekaan pada anak usia sekolah di Lidah Kulon berdasarkan pada teori nilai-nilai kebhinnekaan dalam praktik. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan menggunakan wawancara mendalam dengan narasumber dan studi arsip milik SRB untuk memperoleh data primer dan sekunder penelitian. Penelitian dilakukan di sekretariat SRB dan lokasi pembelajaran SRB di Lidah Kulon. Narasumber penelitian ini adalah kepala SRB, pembina SRB, dan salah satu volunteer SRB. Dari penelitian ini didapatkan hasil sebagai berikut: (1) SRB menanamkan nilai-nilai kebhinnekaan melalui proses pembelajaran dalam kelas dan pembelajaran luar kelas; (2) Pembelajaran dalam kelas dilakukan lewat pemberian materi kebhinnekaan dan wawasan nusantara; (3) Pembelajaran luar kelas dilakukan melalui kunjungan-kunjungan yang dianggap representatif terhadap praktik nilai-nilai kebhinnekaan yang ada di tengah masyarakat; (4) Tidak ditemukan praktik upaya SRB dalam menanamkan nilai keadilan. Saran yang diberikan peneliti untuk meiningkatkan kinerja SRB adalah sebagai berikut: (1) Menambah jam pembelajaran kbihnnekaan dan wawasan nusantara; (2) Nilai kerukunan dan keadilan perlu diperhatikan lebih; (3) Menambah macam kegiatan pembelajaran luar kelas; (4) Memaksimalkan sumber daya internal dan eksternal guna meningkatkan kapasitas pembelajaran SRB.
Kata kunci : Sekolah Rakyat, Nilai-Nilai Kebhinnekaan, Pembelajaran.
Abstract
Sekolah Rakyat Bhinneka (SRB) is one of the Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) in Surabaya. SRB was established through cooperation between Unesa Students and the Community to provide additional knowledge to school-age children in Tongue Kulon. This study aims to describe the mechanism of SRB in instilling diversity values in school-age children in Tongue Kulon. The focus of this study is to describe the method used by SRB in instilling diversity values in school-age children in Tongue Kulon based on the theory of diversity values in practice. This research is descriptive qualitative by using in-depth interviews with resource persons and archival studies belonging to the SRB to obtain primary and secondary research data. The study was conducted at the SRB secretariat and the SRB learning location in Tongue Kulon. The resource person for this study was the head of the SRB, the supervisor of SRB and is one of the SRB volunteer. From this study the results are as follows: (1) SRB instills the values of diversity through the process of learning in the classroom and learning outside the classroom; (2) learning in the classroom is done through the giving of material diversity and insight into the students; (3) learning outside the classroom is done through visits that are considered representative of the practices of the values of diversity that exist in the community; (4) Not found the practice of the SRB's efforts in instilling the value of justice Suggestions provided by researchers to improve SRB performance are as follows: 1) increase learning hours of diversity and insight into the archipelago; (2) The value of harmony and justice need to be considered more; (3) Add to the kinds of learning activities outside the classroom; (4) Maximizing internal and external resources to increase SRB learning capacity.
Keywords : People's School, Diversity Values, Learning.