Perancangan Branding Jamu Cita Rasa Surabaya
Branding Design of Jamu Cita Rasa Surabaya
Jamu Cita Rasa merupakan salah satu UMKM di Surabaya yang berdiri sejak tahun 2008. Perancangan branding tersebut dilakukan karena citra merk, identitas, dan posisi segmentasi pasar sebelumnya kurang jelas dan kurang memiliki ciri khas, sehingga masyarakat menjadi kurang tertarik untuk membeli dan mengkonsumsi produk dari Jamu Cita Rasa tersebut. Kegiatan visual branding tersebut dilakukan dengan harapan menciptakan identitas merk baru seperti (warna, bentuk huruf, dan elemen grafis) dan merubah logo sebelumnya kemudian mengaplikasikan pada media aplikasi seperti (stationery, packaging, dan media komunikasi visual lainnya). Visual branding yang dilakukan ini diharapkan dapat menciptakan citra baru dari Jamu Cita Rasa yang berorientasi kepada target market sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan diharapkan dapat meningkatkan angka penjualan di kalangan masyarakat khususnya di kota Surabaya. Perancangan branding Jamu Cita Rasa ini menggunakan metode deskriptif dan analisa SWOT untuk mendapatkan visual branding yang sesuai dengan karakter dari Jamu Cita Rasa yang ingin di munculkan atau direpresentasikan. Perancangan ini menghasilkan packaging yang berguna untuk meningkatkan strategi penjualan, yang telah disesuaikan dengan target audience.
Jamu Cita Rasa is one of the UMKM in Surabaya which was established in 2008. The branding design was carried out because the brand image, identity, and position of the previous market segmentation were less clear and lacked characteristics, so that people became less interested in buying and consuming products from Jamu The Taste. The visual branding activity was carried out with the hope of creating a new brand identity such as (colors, letter shapes, and graphic elements) and changing the previous logo and then applying it to application media such as (stationery, packaging, and other visual communication media). This visual branding is expected to create a new image of Jamu Cita Rasa which is oriented to the target market so that it can reach a wider market and is expected to increase sales figures among the community, especially in the city of Surabaya. The design of the Jamu Cita Rasa branding uses descriptive methods and SWOT analysis to obtain visual branding that is in accordance with the character of the Jamu Cita Rasa that you want to appear or represent. This design produces packaging that is useful for improving sales strategies, which have been adapted to the target audience.