KESESUAIAN MATERI BUKU DEUTSCH ECHT EINFACH A1.1 DENGAN KURIKULUM 2013 KETERAMPILAN MEMBACA KELAS X SEMESTER 1
THE COMPATIBILITY OF DEUTSCH ECHT EINFACH A1.1 MATERIALS WITH THE 2013 CURRICULUM READING SKILLS FOR CLASS X SEMESTER 1
Membaca merupakan suatu keterampilan reseptif pertama yang diajarkan pada pembelajaran bahasa sebelum keterampilan produktif. Oleh karena itu membaca adalah suatu keterampilan pertama yang harus ditekankan dalam mempelajari suatu bahasa terkhusus bahasa Jerman. Dalam pembelajaran bahasa Jerman, bahan ajar dibutuhkan sebagai penunjang pembelajaran. Salah satu bentuk bahan ajar ialah buku teks. Buku Deutsch Echt Einfach ialah salah satu buku teks yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Jerman. Buku Deutsch Echt Einfach merupakan buku terbaru yang memiliki keunggulan, salah satunya ialah menggabungkan bagian materi pembelajaran (Kursbuch) dan bagian latihan (Arbeitsbuch) pada satu buku. Hal ini dapat memudahkan siswa dalam melatih keterampilan membaca dengan mengaplikasikan hasil membaca materi (Kursbuch) pada bagian latihan (Arbeitsbuch) dalam satu buku yang sama sehingga lebih efisien. Materi yang terdapat pada buku teks semestinya sesuai dengan kurikulum yang diajarkan. Adapun rumusan masalah pada penulisan artikel ilmiah ini ialah apakah materi pada buku Deutsch Echt Einfach A1.1 Lektion 1 dan Lektion 2 sesuai dengan kurikulum 2013 dengan memperhatikan aspek materi dengan kompetensi dasar dan materi pokok pada silabus kurikulum 2013 bahasa Jerman kelas X semester 1. Penulisan artikel ilmiah ini memiliki tujuan mendeskripsikan hasil analisis kesesuaian materi buku Deutsch Echt Einfach A1.1 dengan kurikulum bahasa jerman kelas X semester 1. Kajian artikel ilmiah ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan teknik studi pustaka dan analisis data memakai model Miles and Huberman. Hasil analisis menunjukkan bahwa semua teks dialog dan teks deskripsi pada Lektion 1 dan Lektion 2 sesuai dengan kriteria kurikulum 2013 keterampilan membaca untuk kelas X semester 1.
Kata Kunci: Kesesuaian Materi, Buku Deutsch Echt Einfach A1.1, Kurikulum 2013
Reading is the first receptive skill taught in language learning before productive skills. Therefore, reading is the first skill to be emphasized in learning a language, mainly German. In learning German, teaching materials are needed to support learning. One form of teaching material is a textbook. The Deutsch Echt Einfach book is one of the textbooks that can be used in learning German. The Deutsch Echt Einfach book is the latest book that has advantages, combining the learning material section (Kursbuch) and the practice section (Arbeitsbuch) in one book. This can make it easier for students to practice reading skills by applying the results of reading material (Kursbuch) in the practice section (Arbeitsbuch) in the same book to be more efficient. The material in the textbook should be in accordance with the curriculum. The formulation of the problem in writing this scientific article is whether the material in the Deutsch Echt Einfach A1.1 Lektion 1 and Lektion 2 books is following the 2013 curriculum by paying attention to the aspects of the material with basic competencies and the primary material in the 2013 curriculum syllabus in German class X semester 1. Writing This scientific article aims to describe the results of the analysis of the suitability of the Deutsch Echt Einfach A1.1 book with the German language curriculum class X semester 1. This scientific article study applies a qualitative approach with literature study techniques and data analysis using the Miles and Huberman model. The results of the analysis show that all dialogue texts and descriptive texts in Lektion 1 and Lektion 2 are following the 2013 curriculum criteria for reading skills for class X semester 1
Keywords: Material Suitability, Deutsch Echt Einfach A1.1 Book, Curriculum 2013