PENERAPAN ILUSTRASI KARTUN PADA PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL
ALBUM FRIENDS BAND RATSHIT
APPLICATION OF CRTOON ILLUSTRATION IN COMMUNICATION DESIGN VISUAL ALBUM FRIENDS BAND RATSHIT
Musik merupakan kebutuhan dalam hal ekspresi yang menuntut manusia untuk terus berinovasi dalam
menghasilkan karya musik yang berkarakter dan dapat dinikmati secara massal. Elemen penting dalam
bentuk promosi karya musik adalah distribusi album fisik dan digital. Perancangan ini dilatarbelakangi
oleh kebutuhan komunikasi visual untuk album pertama dari band Ratshit yang berjudul Friends.
Ratshit adalah band asal Surabaya yang terbentuk pada tahun 2020, yang memainkan musik bergenre
Garage Punk. Sebagai upaya membangun citra band Ratshit dalam mengenalkan album pertama mereka
yang bertajuk Friends, maka dalam penelitian ini dirancang media berupa ilustrasi kartun. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui
wawancara dengan seluruh personil band Ratshit,observasi, dan mendapatkan data pendukung melalui
dokumentasi dan studi literatur. Kemudian data diolah menggunakan metode analisis SWOT.
Perancangan ini menggunakan design thinking sebagai metode perancangannya. Konsep ilustrasi pada
perancangan ini menerapkan gaya kartun yang dapat merepresentasikan kebebasan dan kegembiraan
dari musik Garage Punk. Hasil dari perancangan ini berupa ilustrasi album Friends milik band Ratshit
yang diterapkan pada media utama berupa sampul album. Juga berupa kaos dan poster sebagai media
pendukung dalam mempromosikan album Friends
Music is a necessity in terms of expression that requires humans to continue to innovate in producing
musical works that have character and can be enjoyed en masse. An important element in the promotion
of musical works is the distribution of physical and digital albums. This design was motivated by the
need for visual communication for the first album from the band Ratshit entitled Friends. by applying
cartoon illustrations as a promotional medium in the introduction of their debut album, this design is
also an effort to shape the image of the Ratshit band and convey the message of this Friends album.
This design uses design thinking as its design method and descriptive qualitative method as its research
method. This study uses data sources derived from interviews with all Ratshit band personnel, as well
as secondary data from internet media (books, articles, and journals), also through the SWOT process
to the design process. The illustration concept in this design applies a cartoon style that can represent
the freedom and joy of Garage Punk music. The result of this design is an illustration of the Friends
album belonging to the Ratshit band with the application of cartoon illustrations as an effort to convey
the message of the Friends album and become the identity of the music performed by the Ratshit band.
Also illustrations of t-shirts and posters as supporters in promoting the Friends album