Program liburan bermakna ganda merupakan salah satu program sekolah SD Muhammadiyah 15 Surabaya yang diselenggarakan sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan minat bakat peserta didik yang menghasilkan sebuah karya berupa peningkatan prestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang 1) Perencanaan program liburan bermakna ganda dalam meningkatkan prestasi peserta didik; 2) Pelaksanaan program liburan bermakna ganda dalam meningkatkan prestasi peserta didik; 3) Evaluasi hasil peningkatan prestasi peserta didik melalui program liburan bermakna ganda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi teknik dan membercheck. Pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji transferbilitas, uji dependabilitas dan uji konfirmabilitas. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah 1) Tahap pra lapangan; 2) Tahap kegiatan lapangan; 3) Tahap analisis data.
Hasil penelitian terkait peningkatan prestasi peserta didik melalui program liburan bermakna ganda dapat dijelaskan sebagai berikut, 1) Perencanaan dalam program liburan bermakna ganda adalah penyiapan materi yang akan digunakan dalam proses pembelajaran dalam program lalu mengadakan rapat koordinasi antara Kepala Sekolah, Koordinator dan guru pelaksana untuk membahas mengenai pembagian kelas belajar sesuai dengan minat dan bakat peserta didik. 2) Pelaksanaan program liburan bermakna ganda berlangsung pada liburan akhir semester selama 2 minggu dengan jam efektif mulai pukul 07.00-12.00. Tempat pelaksaan program berlangsung di kelas, lapangan dan masjid sekolah karena disesuaikan dengan kegiatan yang terdapat dalam program yaitu bidang bahasa inggris, bidang matematika dan sain dan bidang agama yang memerlukan tempat untuk pembelajaran di luar kelas. Pemberian materi disesuaikan dengan kegiatan bidang pembelajaran masing-masing. 3) Evaluasi hasil dilakukan setiap selesai proses pembelajaran sehingga guru mengetahui sejauh mana ketercapaian materi yang telah disampaikan lalu dengan memperhatikan perubahan sikap dan kemampuan peserta didik yang dapat diamati melalui peningkatan prestasi yang diperoleh sekolah dan peserta didik.
Kata Kunci : implementasi program, program Sekolah, peningkatan Prestasi.
The multi-purpose holiday program was one of Muhammadiyah elementary school 15 Surabaya programs which was held as an effort to develop the interest of students' talents that produced a work in the form of achievement improvement. This study aims to describe and to analyse about 1) The planning of multi-purpose holiday program in improving student achievement; 2) The implementation of multi-purpose holiday program in improving student achievement; 3) The evaluation of the results of improving student achievement through multi-purpose holiday programs.
This study used a qualitative approach with a case study method. Retrieval of data was done using interview, observation, and documentation study. The analysis of data used was using data condensation, data presentation, and data verification. The validity test of data was done using source of data triangulation, technical triangulation, and member check. The validity of data was checked through credibility test, transferability test, dependability test, and conformability test. The stages taken in conducting this research are 1) Pre-field phase; 2) Field research; and 3) Data analysis.
The results of the study related to student achievement improvement through multi-purpose holiday programs could be explained as follow: 1) The planning in multi-purpose holiday program was including the preparation of material needed in learning process of the program and the holding of coordination meetings between the Principal, coordinator and teacher to discuss the distribution of classes according to the interests and talents of students. 2) The implementation of multi-purpose holiday program was at the end of semester holiday for 2 weeks in effective hours; starting at 07.00-12.00. The venue was in classrooms, schools and mosques as it was tailored to the activities contained in the program, namely English, mathematics and science, and religion which requires a place for learning outside. The provision of material was based on learning activities. 3) The evaluation of results was done every time the learning process was finished so that the teacher knew to what extent the material delivered was achieved, and could pay attention to changes in the attitudes and abilities of students that can be observed through achievement improvement obtained by the school and students.
Keywords: implementation program, school program, achievement improvement.