Perencanaan karier adalah proses berkelanjutan dimana individu melakukan penilaian diri, penilaian dunia kerja, dan merencanakan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai pilihan karier tersebut, serta berpikir secara rasional sebelum mengambil keputusan mengenai karier yang diinginkan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMA Negeri 1 Bangkalan, didapatkan data bahwa siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bangkalan memiliki kemampuan perencanaan karier yang rendah, serta belum mampu merencanakan kariernya secara mandiri. Masalah tersebut melatar belakangi peneliti untuk melakukan penelitian yaitu pengembangan modifikasi permainan monopoli untuk perencanaan karier siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bangkalan.
Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media yang memenuhi kriteria akseptabilitas produk dan dapat membantu siswa dalam merencanakan kariernya. Model pengembangan uyang digunakan oleh peneliti adalah model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel yang terdiri atas 4 tahap yaitu : Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran) yang mana peneliti membatasi penelitian pada tahap ke-3 yaitu Develop (Pengembangan) tanpa melakukan tahap Disseminate (Penyebaran). Hasil validasi dan uji coba didapatkan data kuantitatif hasil akseptabilitas produk oleh ahli materi sebesar 75% dengan kriteria penilaian produk baik, tidak perlu direvisi. Oleh ahli media sebesar 78,6% dengan kriteria penilaian produk baik, tidak perlu direvisi. Oleh calon pengguna sebesar 81,6% dengan kriteria produk sangat baik, tidak perlu direvisi. Dengan demikian, produk modifikasi permainan monopoli memenuhi kriteria akseptabilitas produk yang mencakup aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan.
Kata Kunci: Pengembangan, Modifikasi Permainan Monopoli, Perencanaan Karier
The career plan is continouse process where individual makes self assessment, assessment of the world of work, and plan the steps that must be done for achieve career choice, and think rationally before make decisions about desire career. Based on the preliminary result at 1 Bangkalan Senior High School, it was found that students have low career planned and not able to plan their careers independently. It was a reason for the researcher to conduct the product for solve student’s problem. The product name is development of monopoly game modification for 11th grade student’s career planning at 1 Bangkalan Senior High School.
This research to aims produce a media that has the criteria on product acceptability. This research was used 4-D development model developed by S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, and Melvyn I. Semmel consist of 4 stages : Define, Design, Develop and Disseminate which the researchers restrict the research only until the third stage of Develop without doing the stage Disseminate. Validation and trial results were obtained quantitative data results on product acceptability by material experts about 75% with assessment criteria is good product, no need to be revised. Media expert gave about of 78.6% with assessment criteria is good product, no need to be revised. Prospective users gave about of 81.6% with assessment criteria is very good product, no need to be revised. Therefore, the product of monopoly game modification has the criteria on product acceptability that include usability, appropriateness, accuracy and appropriateness.
Keywords: Development, Monopoly Game Modification, Career Planning