PROFIL BERPIKIR ALJABAR SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA
ALGEBRAIC THINKING PROFILE OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN SOLVING MATHEMATICAL PROBLEMS REVIEWED FROM MATHEMATICAL ANXIETY
Penelitian ini merupakan merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir aljabar siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari kecemasan matematika. Dipilih dua subjek melalui pemberian angket kecemasan matematika (AKM) dan tes kemampuan matematika (TKM) pada kelas VII-B MTs Hidayatun Najah Tuban. Instrumen yang digunakan tes pemecahan masalah (TPM), dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kecemasan rendah melakukan semua aktivitas berpikuir aljabar, sedangkan siswa dengan kecemasan matematika tinggi tidak melakukan semua aktivitas berpikir aljabar
Kata Kunci: Berpikir aljabar, masalah matematika, kecemasan matematika
This research is a type of qualitative descriptive research that aims to describe algebra thinking skills of student SMP in solving mathematic problem review from mathematic anxiety. Two subject were selected through of provision of mathematic anxiety questionnaire (AKM) and mathematical ability test (TKM) in class VII-B of MTs Hidayatun Najah Tuban. The instrument used for problem solving test (TPM), and interview guide. The data analysis technique uses data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The result show that low anxiety student do all algebraic thinking activities, meanwhile high anxiety student don’t make algebraic thinking activities.
Keywords: algebraic thinking, mathematic problem, mathematic anxiety