Meta - Analisis Model Pembelajaran Inquiry dalam Pembelajaran Fisika
Meta - Analysis of Inquiry Learning Models in Physics Learning
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inkuiri dalam pembelajaran fisika ditinjau dari segi pendidikan, hasil belajar, materi, dan penelitian terhadap media pembelajaran yang digunakan. Metode yang digunakan adalah Meta-Analisis dengan alur penelitian yaitu menentukan topik penelitian, menetapkan kriteria data, mencari data, mengklasifikasikan data, menganalisis dan menarik kesimpulan. Teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder dari 23 artikel yang relevan dari publikasi ilmiah sebelumnya. Teknik analisis data menggunakan effect size. Hasil meta analisis ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri berpengaruh signifikan terhadap pembelajaran fisika, dengan nilai effect size sebesar 1,216. Penerapan inkuiri dalam pembelajaran fisika memberikan dampak yang cukup besar jika diterapkan pada jenjang pendidikan sekolah dasar dengan menghasilkan output yang meningkatkan pemahaman konsep, penggunaan mata pelajaran yang ringan, dan bantuan media pembelajaran dalam LKS.
Kata Kunci : Pembelajaran Inquiry, Meta Analisis, Pembelajaran Fisika
This study aims to analyze the effect of inquiry in physics learning which can be viewed in terms of education, results, materials, and research on the learning media used. The method used is Meta-Analysis with the research flow, namely determining the research topic, setting data criteria, searching for data, classifying data, analyzing and drawing conclusions. Data collection techniques using secondary data from 23 relevant articles from previous scientific publications. The data analysis technique uses effect size. The results of this meta-analysis conclude that the application of the inquiry learning model has a significant effect on physics learning, with an effect size value of 1.216. The application of inquiry in physics learning has a considerable impact if applied to the elementary school education level by producing outputs that increase understanding of concepts, use light subjects, and help learning media in worksheets.
Keywords : Inquiry Learning, Meta - Analysis, Physics Learning