BERKREASI MELUKIS IKON KABUPATEN LAMONGAN BERSAMA REMAJA KAMPUNG KUSUMA BANGSA
CREATE IN PAINTING ICONS OF LAMONGAN REGENCY WITH THE TEENAGERS OF KAMPUNG KUSUMA BANGSA
Lamongan adalah kabupaten yang berada di provinsi Jawa Timur yang memiliki beberapa ikon yang cukup terkenal. Berdasarkan survei melalui google form, sebagian besar masih terdapat remaja yang belum mengetahui makna dan filosofi dari ikon Kabupaten Lamongan, terutama ikon bandeng lele yang menjadi ikon utama Kabupaten Lamongan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memberikan pengetahuan mengenai makna ikon Kabupaten Lamongan dan melatih kreatifitas remaja dengan cara mengajak remaja Kampung Kusuma Bangsa untuk berkreasi melukis ikon Kabupaten Lamongan menggunakan media kaos. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian yang sudah dilakukan, terdapat hasil lukisan yang beragam dengan tema ikon bandeng lele kabupaten lamongan. Terbatas dengan adanya pandemi Covid- 19, peneliti hanya diperbolehkan mengajak 7 remaja Kampung Kusuma Bangsa dalam melakukan penelitian. Hasil karya melukis ikon Kabupaten Lamongan yang dibuat oleh remaja Kampung Kusuma Bangsa secara keseluruhan tergolong dalam kategori baik. Hal tersebut dibuktikan dengan remaja Kampung Kusuma Bangsa yang sudah memahami makna dan filosofi ikon Lamongan serta memahami langkah pembuatan karya tersebut pada media kaos.
Kata kunci: Berkreasi, Melukis, Ikon, Kabupaten Lamongan, Remaja Kusuma Bangsa
Lamongan is a district in the province of East Java. Lamongan has several icons that are quite famous. Based on a survey via google form, it turns out that there are still teenagers who do not know the meaning of the icons of Lamongan Regency, especially the catfish milkfish icon which is the main icon of Lamongan Regency. The purpose of this research is to provide knowledge about the meaning of the icons of Lamongan Regency and to train creativity by inviting the youth of Kampung Kusuma Bangsa to be creative in painting the icons of their birthplace using t-shirts. Researchers used a qualitative descriptive method, with data collection methods of observation, interviews, and documentation. Based on the results of the research, after explaining the meaning of the Lamongan Regency icon and also the steps for painting on T-shirts, there are various painting results with the theme of the Lamongan Regency catfish icon. However, due to the COVID-19 pandemic, researchers are only allowed to invite 7 teenagers. However, the Kusuma Bangsa youth are still enthusiastic and enthusiastic about being creative. The results of the work of painting Lamongan Regency icons made by Kusuma Bangsa Village youth are generally classified as good, Kusuma Bangsa Village youths are considered to have understood the meaning of the Lamongan icon and also understood the steps for making the work.
Keywords: Creative, Painting, Icon, Lamongan Regency, Kusuma Bangsa Youth