Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dan Penguasaan Mata Pelajaran Produktif dengan Kinerja Praktik Kerja Industri
The Relationship Between Achievement Motivation and Proficiency in Productive Subjects with Industrial Work Practice Performance
Praktik Kerja Industri (Prakerin) merupakan program wajib tempuh yang diselenggarakan SMK guna mencetak lulusan yang siap kerja. Mengacu hal tersebut, sehingga dalam pelaksanaan praktik kerja industri diperlukan kinerja yang baik. Kinerja yang optimal akan didapatkan oleh siswa melalui faktor-faktor, di antaranya motivasi berprestasi dan penguasaan mata pelajaran produktif. Mata pelajaran produktif dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata dari mata pelajaran Konstruksi Bangunan Gedung (KBG), Sistem Utilitas Bangunan Gedung (SUBG), Perawatan Gedung (PG), Estimasi Biaya Kontruksi Sanitasi dan Perawatan Gedung (EBKSPG) dan Produk Kreatif Kewirausahaan (PKK).
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) hubungan antara motivasi berprestasi siswa dengan kinerja praktik kerja industri, (2) hubungan antara penguasaan mata pelajaran produktif dengan kinerja praktik kerja industri dan (3) hubungan antara motivasi berprestasi dan penguasaan mata pelajaran produktif secara bersama-sama dengan kinerja praktik kerja industri. Penelitian ini menggunakan metode expost facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XIII KGSP SMK Negeri 2 Surabaya yang berjumlah 33 siswa, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Metode pengambilan data dengan angket dan dokumentasi.
Pada teknik analisis data diperoleh hasil: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan kinerja prakerin siswa dibuktikan dengan Sig (0,000) < α (0,05) pada taraf signifikansi 5%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan mata pelajaran produktif dengan kinerja prakerin siswa dibuktikan dengan Sig (0,001) < α (0,05) pada taraf signifikansi 5%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dan penguasaan mata pelajaran produktif dengan kinerja prakerin siswa secara simultan dibuktikan dengan Sig (0,000) < α (0,05) pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel motivasi berprestasi dan penguasaan mata pelajaran produktif memiliki hubungan dengan kinerja prakerin siswa, sehingga variabel motivasi berprestasi dan penguasaan mata pelajaran produktif dapat dijadikan acuan dalam menentukan kinerja praktik kerja industri siswa.
Kata Kunci: motivasi berprestasi, penguasaan mata pelajaran produktif, kinerja prakerin
Industrial work practice also known as internship is a mandatory program conducted by vocational schools to prepare graduates for the workforce. Reffering to that, achieving good performance during Industrial Work Practice is essential. Optimal performance for students is influenced by various factors, including achievement motivation and proficiency in productive subjects. The productive subjects in this study include the average scores of Building Construction, Building Utility Systems, Building Maintenance, Construction Cost Estimation for Sanitation and Building Maintenance, and Creative Entrepreneurship Products.
The aim of this study is to examine: (1) the relationship between student’s achievement motivation and their performance in industrial work practices, (2) the relationship between proficiency in productive subjects and performance in industrial work practices, and (3) the combined relationship between achievement motivation and proficiency in productive subjects with performance in industrial work practices. This research employs an ex-post facto method, which is a retrospective research design, with a quantitative approach. The subjects of this study are all students in the XIII grade of KGSP at SMK Negeri 2 Surabaya, totaling 33 students, making it a population study. Data was collected using questionnaires and documentation.
The data analysis revealed the following key findings: (1) there is a positive and significant relationship between achievement motivation and student’s industrial work practice performance, as evidenced by Sig (0.000) < α (0.05) at a significance level of 5%; (2) there is a positive and significant relationship between proficiency in productive subjects and student’s industrial work practice performance, as evidenced by Sig (0.001) < α (0.05) at a significance level of 5%; (3) there is a positive and significant relationship between achievement motivation and proficiency in productive subjects with student’s industrial work practice performance simultaneously, as evidenced by Sig (0.000) < α (0.05) at a significance level of 5%. The research results prove that there is a correlation between achievement motivation, proficiency in productive subjects and student’s industrial work practice performance, therefore, achievement motivation and proficiency in productive subjects can be used as references in determining student’s industrial work practice performance
Keywords: achievement motivation, proficiency in productive subjects, industrial work practice performance