ANALISIS TINGKAT VALIDITAS MEDIA VIDEO TUTORIAL MENJAHIT BELAHAN TUTUP TARIK DI FASE E TATA BUSANA SMK YPM 2 SIDOARJO
ANALYSIS OF THE VALIDITY LEVEL OF VIDEO TUTORIAL MEDIA FOR SEWING THE PULL-OPEN SEAM IN THE FASHION DESIGN PHASE E AT YPM 2 VOCATIONAL SCHOOL SIDOARJO
Dalam perkembangan teknologi yang pesat saat ini, pendidikan kejuruan seperti Tata Busana di SMK perlu menerapkan metode pembelajaran yang lebih adaptif dan inovatif seperti video tutorial. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengidentifikasi tingkat validitas media video tutorial menjahit belahan tutup tarik di fase E Tata Busana SMK YPM 2 Sidoarjo, dan 2) Mengetahui respon siswa fase E Tata Busana SMK YPM 2 Sidoarjo terhadap media video tutorial tersebut sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan metode ADDIE yang berlangsung hingga tahap pengembangan. Desain uji coba dilakukan dengan menguji validitas produk kepada ahli media, ahli materi, serta siswa fase E Tata Busana SMK YPM 2 Sidoarjo. Subjek uji coba terdiri dari para ahli dan siswa fase E Tata Busana tahun ajaran 2021/2022 di SMK YPM 2 Sidoarjo. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif, yang dikumpulkan melalui instrumen angket dengan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Skor rata-rata validitas dari keseluruhan ahli adalah 4,1, yang mengindikasikan bahwa video tutorial menjahit belahan tutup tarik “Layak diuji cobakan” sebagai media pembelajaran. 2). Respon siswa yang juga memberikan skor rata-rata sebesar 4,1, yang masuk dalam kategori "Sangat baik" dan menerima media video tutorial dengan baik. Penelitian ini menyatakan bahwa media video tutorial menjahit belahan tutup tarik dinyatakan valid sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli dan respon siswa. Namun meski validitas media ini telah diakui secara teoritis, implementasi di kelas secara nyata belum dilakukan. Oleh karena itu, diperlukan uji coba implementasi untuk memastikan media ini berfungsi dengan baik dalam situasi pembelajaran sesungguhnya.
In today's rapid technological developments, vocational education such as Fashion Design in Vocational Schools needs to implement more adaptive and innovative learning methods such as video tutorials. This research aims to 1) Identify the level of validity of the video tutorial media for sewing pull-open seam in phase E of Clothing Design at SMK YPM 2 Sidoarjo, and 2) Find out the response of phase E students in Fashion Design at SMK YPM 2 Sidoarjo towards the video tutorial media as a learning medium. This type of research is development research using the ADDIE method which continues until the development stage. The trial design was carried out by testing the validity of the product with media experts, material experts and fashion design phase E students at SMK YPM 2 Sidoarjo. The trial subjects consisted of experts and fashion design phase E students for the 2021/2022 academic year at SMK YPM 2 Sidoarjo. The type of data used is quantitative data, which was collected through a questionnaire instrument with a Likert scale. The data analysis technique used is descriptive analysis. The research results show that 1). The average validity score from all experts is 4.1, which indicates that the tutorial video for sewing pull-on closure slits is "Worth trying" as a learning medium. 2). Student responses also gave an average score of 4.1, which is in the "Very good" category and received video tutorial media well. This research states that the video tutorial media for sewing pull-on seam is declared valid as a learning medium based on expert assessments and student responses. However, even though the validity of this media has been recognized theoretically, actual implementation in the classroom has not been carried out. Therefore, implementation trials are needed to ensure this media functions well in real learning situations.