PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 TAMBAKBOYO
Nama : Nanang Kurniawan
Nim : 19060464108
Program studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreas
Jurusan : Pendidikan Olahraga
Fakultas : Ilmu Keolahargaan dan Kesehatan
Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr.Taufiq Hidayat, M.Kes
Pendidikan memiliki tempat yang strategis dalam pelaksanaan pembangunan Nasional, serta prioritas utama untuk mempersiapkan kualitas dan ketangguhan sumber daya manusia. Masyarakat menyadari, bahwa mereka membutuhkan pendidikan guna memiliki hidup yang lebih baik. Maka dari itu, pemerintah memberikan fasilitas layanan pendidikan pada setiap jenjang usia. Terutama pendidikan PJOK, pendidikan yang memberikan kontribusi besar terhadap penerapan nilai-nilai moral dan sikap pada setiap individu serta berperan dalam membantu siswa untuk mengembangkan fisik motoric, mental dan social. Dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada penelitian ini, siswa mempelajari pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan dengan memecahkan masalah pada materi serta model ini mendorong siswa untuk berpikir kritis.
Penelitian ini bertujuan untuk mencapai dua hal yaitu 1) menentukan dampak model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas XI SMAN 1 Tambakboyo, 2) menentukan besarnya dampak model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental dengan one group pretest, posttest design dan seluruh kelas XI SMAN 1 Tambakboyo yang menjadi populasi dan di tarik sampel penelitian 36 siswa yang berasal dari satu kelas XI IPA 3.
Dari hasil dan pembahasan penelitian ini bisa ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang meningkat pada penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas XI SMAN 1 Tambakboyo, yang telah dikuatkan dengan hasil dari uji beda rerata pre-tes dan post-test domain pengetahuan dan keterampilan yang memakai rumus uji t dependent sebagai cara penghitungan dalam aplikasi SPSS 25 yang mendapatkan hasil nilai sig (2-tailed) pada domain pengetahuan maupun keterampilan sebesar 0,000 < 0,05 serta besar peningkatan hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas XI SMAN 1 Tambakboyo adalah sebesar 22,43% pada domain pengetahuan dan 25,41% pada domain keterampilan. Pada kedua domain tersebut yang digunakan ketika pre-test dan post-test adalah lembar soal essay dan brumbach forearms pass wall-volley test.
Kata kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Passing Bawah, Bolavoli
THE INFLUENCE OF PROBLEM-BASED LEARNING MODEL ON VOLLEYBALL FOREARM PASSING LEARNING OUTCOMES IN CLASS XI STUDENTS OF SMAN 1 TAMBAKBOYO
Name : Nanang Kurniawan
Study Program : S-1 Physical Education, Health And Recreation
Major : Sports Education
Faculty : Sports and Health Sciences
Institution : State University of Surabaya
Advisor : Dr. Taufiq Hidayat, M.Kes
Education has a strategic place in the implementation of national development, as well as a top priority for preparing the quality and resilience of human resources. People realize that they need education in order to have a better life. Therefore, the government provides educational service facilities at every age level. Especially PJOK education, education that makes a major contribution to the application of moral values and attitudes to each individual and plays a role in helping students to develop physical motor, mental and social. By using the problem-based learning model in this study, students study physical education, sports and health by solving problems in the material and this model encourages students to think critically.
This study aims to achieve two things, namely 1) determine the impact of the problem-based learning model on learning outcomes of volleyball underpass in class XI students of SMAN 1 Tambakboyo, 2) determine the magnitude of the impact of the problem-based learning model on learning outcomes of volleyball underpass. This study used a pre-experimental design with one group pretest, posttest design and the entire class XI of SMAN 1 Tambakboyo as the population and a sample of 36 students from one class XI IPA 3 was drawn.
From the results and discussion of this study, it can be concluded that there is an increasing influence on the application of the problem-based learning model on the learning outcomes of volleyball underhand passing in class XI students of SMAN 1 Tambakboyo, which has been strengthened by the results of different test means of pre-test and post- knowledge and skills domain test using the t dependent test formula as a method of calculation in the SPSS 25 application which results in a sig (2-tailed) value in the domain of knowledge and skills of 0.000 <0.05 and a large increase in learning outcomes in volleyball underhand passing in class students XI SMAN 1 Tambakboyo is 22.43% in the knowledge domain and 25.41% in the skills domain. In both domains, the essay questions and the Brumbach forearms pass wall-volley test are used in the pre-test and post-test.
Keywords: Problem Based Learning, Learning Outcomes, Forearm passing, Volleyball