Penerapan Bauran Pemasaran Islam untuk Meningkatkan Omset Penjualan pada Bisnis Kafe Takanagari Sidoarjo
Application of Islamic Marketing Mix to Increase Sales Turnover in Cafe Business Takanagari Sidoarjo
Menganalisis strategi bauran pemasaran syariah di kafe Takanagari Sidoarjo merupakan tujuan yang dipilih oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan perolehan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer adalah wawancara dengan pemilik kafe Takanagari Sidoarjo, karyawan dan konsumen. Sedangkan sumber data sekunder adalah jurnal atau literatur tentang bauran pemasaran syariah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan bauran pemasaran syariah untuk meningkatkan omzet penjualan oleh kafe Takanagari Sidoarjo yang terletak di Perumahan Taman Anggun Sejahtera 3 Sidoarjo dinilai masih memiliki kekurangan pada prinsip syariah. Sedangkan dari segi omzet penjualan kafe Takanagari di Sidoarjo berhasil meningkatkan omset penjualannya dengan beberapa faktor pendukung. Ada baiknya jika penelitian dilakukan dengan mencari pengaruh strategi bauran pemasaran perspektif ekonomi Islam terhadap tingkat omzet penjualan.
Analyzing the Islamic marketing mix strategy at the Takanagari cafe in Sidoarjo is the objective chosen by the researcher. This research uses a descriptive qualitative research type by obtaining data using observation, interview, and documentation methods. This study uses primary and secondary data sources. The primary data sources are interviews with cafe owner Takanagari Sidoarjo, employees and consumers. Meanwhile, the secondary data sources are journals or literature on the Islamic marketing mix. Based on the study's results, it can be concluded that the application of the Islamic marketing mix to increase sales turnover by the Takanagari Sidoarjo cafe located in Taman Anggun Sejahtera 3 Sidoarjo Housing is considered to have deficiencies in sharia principles still. Meanwhile, in terms of sales turnover, the Takanagari cafe in Sidoarjo has succeeded in increasing its sales turnover with several supporting factors. It would be a good feeling if the research were conducted by looking for the influence of the marketing mix strategy from an Islamic economic perspective on the level of sales turnover.