Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Pemasaran Pada Pabrik Tahu Bawi
ABSTRAK
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif di Pabrik Tahu Bawi dengan judul “Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Pemasaran Pada Pabrik Tahu Bawi”.
Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui apakah strategi pemasaran dengan pendekatan analisa SWOT dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan pada Pabrik Tahu Bawi. Untuk mengetahui bentuk strategi pemasaran yang dilakukan oleh Pabrik Tahu Bawi guna meningkatkan penjualan dan pendapatan yang sesuai dengan perusahaan.
Obyek penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa menggunakan teknik analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, Threats).
Dari hasil penelitian posisi perusahaan pada saat ini ada mengacu pada strategi pemasaran 4P. Kesimpulan dari penelitian ini adalah untuk dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan pada Pabrik Tahu Bawi dan untuk mengetahui bentuk strategi pemasaran yang dilakukan oleh Pabrik Tahu Bawi guna meningkatkan penjualan dan pendapatan yang sesuai dengan perusahaan.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Meningkatkan Penjualan
Abstract
This study uses a quantitative research method at Tahu Bawi Factory under the title “SWOT Analysis To Determine Marketing Strategy At Tahu Bavi Factory”. The purpose of this study is to find out whether marketing strategies with SWOT analysis approach can increase sales and revenue at Tapu Bawi factory. To find out the form of marketing strategy carried out by Tapu Bavi factory in order to improve sales and income that corresponds to the company.
The object of this study uses observation, interview and documentation methods, while the analysis technique uses SWOT analysis techniques. (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, Threats).
From the results of the research position of the company at the moment there is reference to the marketing strategy 4P. The conclusion of this research is to be able to increase sales and revenue at Tahu Bawi Factory and to know the form of marketing strategy carried out by Tahu Bavi Factory in order to increase the sales and revenues that correspond to the company.
Keywords: Marketing Strategy, SWOT Analysis, Increase Sales