MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MENDENGAR SISWA EFL
USING ANIMATION VIDEO TO ENHANCE EFL STUDENTS’ LISTENING COMPREHESION
Video animasi adalah jenis hiburan kontemporer yang menggabungkan gambar bergerak, teks, dan grafik dengan sulih suara dan musik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan substansial dalam pemahaman mendengarkan siswa setelah diajar dengan video animasi. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif. Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dipilih sebagai subjek penelitian di SMKN 3 Surabaya. Kelas 10 DKV 1 dipilih sebagai kelompok eksperimen, dan kelas 10 DKV 2 dipilih sebagai kelompok kontrol dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, terlihat bahwa terdapat perbedaan skor post-test yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yang berarti bahwa siswa pada kelompok eksperimen memiliki pemahaman mendengar yang jauh lebih baik dibandingkan siswa pada kelompok kontrol. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan video animasi tentang mendeskripsikan seseorang dan mendeskripsikan benda sebagai media pembelajaran sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman mendengar siswa pada kelompok eksperimen dalam penelitian ini.
Animation video is a type of contemporary entertainment that combines moving images, text, and graphics with voiceover and music. The goal of this research is to figure out whether there is substantial improvement in pupils’ listening comprehension after being instructed with animated video. This research employed a quantitative methodology. The Visual Communication Design major (DKV) was chosen as the subject of this research at SMKN 3 Surabaya. Class 10 DKV 1 was designated as the experiment group, and class 10 DKV 2 was designated as the control group in this research. Based on the results of this research, it shows that there is a significant difference in post-test scores between the experimental group and the control group, which meant that the students in the experimental group had much better listening comprehension than the students in the control group. It can be concluded that the use of animated videos about describing person and describing things as an instructional medium at the treatment stage is very effective in improving the listening comprehension of students in the experimental group in this present research.