Media berbasis Lectora Inspire menjadi salah satu pilihan media karena selain dapat menampilkan power point sebuah materi juga dapat berisi suara, animasi, gambar, foto, dan video yang dapat dikemas dengan narasi audiovideo. Pada media berbasis Lectora Inspire juga terdapat pilihan untuk membuat berbagai macam kuis dan game. Kelebihan media ini yaitu mudah digunakan oleh siapapun baik yang sudah mahir maupun yang belum mahir pemrograman aplikasi. Media ini memberikan kontribusi dalam pembuatan media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media berbasis Lectora Inspire terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SDN Kampungdalem 1 Tulungagung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Experiment dalam bentuk Non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kampungdalem 1 Tulungagung. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Kelas IVB sebagai kelas kontrol dan kelas IVC sebagai kelas eksperimen. Analisis data instrumen tesdiuji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan analisis data hasil penelitian diuji menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, uji t-test dan uji n-gain ternormalisasi.
Hasil penelitian yang diperoleh yakni (2,024) > (2,000). Hasil tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima. Dan pada hasil penghitungan uji N-Gain Ternormalisasi yang menunjukkan bahwa hasil peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 0,718 menunjukkan pada kategori tinggi dan pada kelas kontrol sebesar 0,552 menunjukkan kategori sedang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media berbasis Lectora Inspire terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SDN Kampungdalem 1 Tulungagung.
Lectora Inspire based media is one of the media choices because besides being able to display power point, a material can also contain sound, animation, images, photos and videos that can be packed with audio video narration. On the Lectora Inspire based media there are also options for making various types of quizzes and games. The advantages of this media are that it is easy to use for anyone who is already proficient or who is not yet proficient in application programming. This media contributes to the creation of interactive learning media that are in line with the current development. The purpose of this study was to determine the effect of Lectora Inspire based media on student learning outcomes in thematic learning in forth gradestudents of Kampungdalem 1 Elementary School in Tulungagung.
This type of research is quantitative research with the design of Quasi Experiment research in the form of Non-equivalent control group design. The population in this study were all students in forth grade students of Kampungdalem 1 Elementary School in Tulungagung. The sample was taken by simple random sampling technique. IVB class as a control class and IVC class as an experimental class. Analysis of the test instrument data was tested using validity and reliability testing, while the analysis of the research data was tested using normality test and homogeneity test, t-test and normalized n-gain test.
The results obtained were t-count (2,024)> t-table (2,000). These results indicate that Ha is accepted. And on the results of the calculation of the normalized N-Gain test which shows that the results of the increase in the experimental class of 0.718 shows that in the high and control classes 0.552 shows the medium category. From the results of the study it can be concluded that there is a significant effect of the using Lectora Inspire based media on the learning outcomes in learning thematic in forth grade students of Kampungdalem 1 Elementary School in Tulungagung.