PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA
THE EFFECT OF BRAND AMBASSADOR AND ADVERTISING ON CONSUMER PURCHASING DECISIONS IN TOKOPEDIA MARKETPLACE
Penelitian ini bertujuan guna menjabarkan serta menganalisis pengaruh brand ambassador dan iklan terhadap keputusan pembelian konsumen pada marketplace Tokopedia. Penelitian ini berjenis deskriptif kuantitatif yang menggunakan non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan jumlah responden 210 pengguna Tokopdia di Surabaya. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis linier berganda yang meliputi analisis regresi berganda, uji T, uji F dan koefisien determinasi. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner online menggunakan google form. Variabel brand ambassador (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai P-value 0,009 < 0,05. variabel iklan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai P-value 0,000 < 0,005. Secara simultan, brand ambassador (X1) dan iklan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan persentase 0,6%, sedangkan 99,4% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini.
Kata kunci : brand ambassador, iklan, keputusan pembelian
This study aims to explain and analyze the influence of brand ambassador and advertisement on consumer purchasing decisions in the Tokopedia market place. This Research is quantitative descriptive type that uses quantitative using non probability sample with purposive sampling technique with number of respondents 210 Tokopedia users in Surabaya. Hypothesis testing in this study uses multiple linear analysis which includes multiple regression analysis, T test, F test and coefficient of determinatif. The measuring instrument used is an online questionnaire using Google form. The brand ambassador variable (X1) have positive and significant influence on purchasing decision (Y) with a P-value of 0.009 <0.05. Advertising variable (X2) have positive and significant influence on purchasing decision (Y) with a P-value of 0,000 <0.005. Simultaneously, brand ambassador (X1) and advertisement (X2) have positive and significant influence on purchasing decision (Y) with a percentage of 0.6%, while the other 99.4% are influenced by other variables that not include in this research model.
Keywords: brand ambassador, advertising, purchasing decision