PANGREMBAKAN MEDHIA PAPSINAON "LORAJAWA" (PLAYONAN AKSARA JAWA) ABASIS ANDROID KANGGO MATERI AKSARA JAWA TUMRAP SISWA KLAS VII SMP NEGERI 7 SURABAYA
DEVELOPMENT OF ANDROID-BASED LEARNING MEDIA "LORAJAWA" (PLAYONAN AKSARA JAWA) FOR JAVA AKSARA FOR CLASS VII STUDENTS OF SMP NEGERI 7 SURABAYA
Pengembangan media pembelajaran basa Jawa terkhusus pada materi aksara Jawa yang berbasis android diambil dari latar belakang karena masih kurangnya media yang dikembangkan dan digunakan dalam pembelajaran bahasa Jawa terutama pada SMP Negeri 7 Surabaya. Sehingga perlu adanya inovasi baru seperti menggunakan media game interaktif Lorajawa yang berbasis android supaya bisa menyesuaikan perkembangan teknologi yang semakin maju. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Proses pengembangan media pembelajaran Lorajawa berbasis android, 2)Kualitas media pembelajaran Lorajawa berbasis android, dan 3) Respon siswa terhadap media pembelajaran yang nantinya akan dijadikan acuan ke SMP Negeri 7 Surabaya pada siswa kelas VII.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metodhe pengembangan Reserch and Development (R&D) Dick and Carry yang ada 5 tahap yang harus dilalui. Dalam penelitian, instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan berupa angket, wawancara tidak terstruktur, observasi yang dilakukan ketika Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Hasil dari penelitian ini adalah 1) proses pengembangan sudah melewati beberapa proses. Ada 3 tahap dari 5 tahapan yang sudah dilakukan peneliti, yaitu analisis, desain, pengembangan, tetapi tidak melewati tahap implementasi dan evaluasi. 2) kualitas dari game yang sudah melewati proses validasi dari beberapa ahli yaitu, ahli media yang menunjukkan persentase di setiap aspeknya yaitu 92,2%, ahli materi 97,3% lan ahli pembelajaran 90,7%. Juga dihitung persentase total nilai setiap validator berasal dari angket yang disebar, sehingga didapatkan persentase ahli media 90%, ahli materi 96%, dan ahli pembelajaran 90%. Selain dari para ahli, juga masih terdapat angket guru yang mendapat persentase 95%. 3) respon siswa yang didapatkan dari 16 responden sebagai kelompok kecil yaitu memiliki rata-rata 1452,4 yang jika dipersentasikan mendapat nilai 90,77%, sehingga media pembelajaran Lorajawa dikategorikan sebagai “Layak Sekali” untuk digunakan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Game, Lorajawa, Android
The development of Javanese language learning media, especially Android-based Javanese script material, was taken from the background because there was still a lack of media developed and used in Javanese language learning, especially at SMP Negeri 7 Surabaya. So there is a need for new innovations such as using Lorajawa interactive game media based on Android so that it can adapt to increasingly advanced technological developments. The purpose of this research is to determine 1) The process of developing Android-based Lorajawa learning media, 2) The quality of Android-based Lorajawa learning media, and 3) Student responses to learning media which will later be used as a reference for SMP Negeri 7 Surabaya for class VII students.
This research is research that uses the Dick and Carry Research and Development (R&D) development method, which has 5 stages that must be passed. In the research, the instruments used to collect data were in the form of questionnaires, unstructured interviews, observations made during the Introduction to Schooling Field (PLP). The results of this research are 1) the development process has gone through several processes. There are 3 stages out of 5 stages that researchers have carried out, namely analysis, design, development, but they have not gone through the implementation and evaluation stages. 2) the quality of the game has gone through a validation process from several experts, namely, media experts who show a percentage in each aspect, namely 92.2%, material experts 97.3% and learning experts 90.7%. Also calculated was the percentage of the total score for each validator that came from the questionnaire distributed, so that the percentage of media experts was 90%, material experts were 96%, and learning experts were 90%. Apart from experts, there are also teacher questionnaires that get a percentage of 95%. 3) student responses obtained from 16 respondents as a small group had an average of 1452.4 which, when presented, received a score of 90.77%, so that Lorajawa learning media was categorized as "Very Appropriate" for use.
Keywords: Learning Media, Games, Lorajawa, Android