Pada pembelajaran SBdP siswa harus menghasilkan atau membuat karya seni, baik buatan lama maupun buatan baru yang mengandung unsur keindahan. Tetapi,masalah yang ditemukan di kelas II SDN Lakarsantri I/472 Surabaya adalah rendahnya kreativitas siswa terlihat kurang rapi. Itu disebabkan oleh siswa hanya sering belajar tentang pola daripada membuat/mempraktekkan pola. Selain itu keterbatasan pengetahuan tentang bahan untuk membuat mozaik. Menggunakan kertas selalu dianggap sebagai satu-satunya bahan untuk membuat mozaik. Dari masalah tersebut, penelitian ini memerintahkan solusi untuk menggunakan bahan alam pelepah pisang untuk membuat mozaik pada pembelajaran SBdP.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan aktivitas guru dalam pembelajaran prakarya dengan menggunakan bahan alam pelepah pisang (2) Mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran prakarya dengan menggunakan bahan alam pelepah pisang (3) Mendeskripsikan peningkatan kreativitas membuat mozaik siswa dengan menggunakan bahan alam pelepah pisang.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian adalah 35 siswa yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes unjuk kerja. Sedangkan, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar kreativitas siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada tiap siklus mengalami peningkatan, yaitu siklus I sebesar 79% dan siklus II sebesar 88%. (2) Aktivitas siswa pada tiap siklus mengalami peningkatan, yaitu siklus I sebesar 76% dan siklus II sebesar 83%. (3) Kreativitas siswa dalam membuat mozaik mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebesar 18 siswa dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 30 siswa yang tuntas. Dari hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan alam pelepah pisang dapat meningkatkan kreativitas membuat mozaik pada siswa kelas II SDN Lakarsantri I/472 Surabaya.
Kata Kunci : Bahan Alam, Mozaik, Kreativitas
On SBdB learning, students have to produce or create an art work, neither an old artificial nor a new artificial which contains elements of beauty. But, the problem where is found in grade II of SDN Lakarsantri I/472 Surabaya is the low creativity of the students in making the mosaic, the mosaic who is created by student look less tidy. It caused by students just often study about patterns rather than making or practicing patterns. Beside that, limitation of knowledge about the materials for making mosaic. Using paper always considered as the only material to create a mosaic. From those problems, the researchs order the solution for using natural ingredients of banana midrib to make a mosaic on SBdP learning.
The purpose of this research are (1) to describe teacher’s activity on learning art by using natural ingredients of banana midrib (2) to describe student’s activity on learning art by using natural ingredients of bananamidrib (3) to describe an increase of student’s creativity for making mosaic by using natural ingredients of banana midrib.
The research method’s uses classroom action research design which is consist of two cycle. Subject of this research are teacher and students grade II of SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. Quantity of the students who are the subject of this research are 35 students, such us of 22 boys and 13 girls. Data collection techniques in this research are the observation and testing of performance. Meanwhile, the data collection instruments are teacher’s activity observation sheet, student’s activity observation sheet and the student’s creativity sheet.
Result of this research showed that (1) Teacher’s activity increases on each cycle, such us the first cycle is 79% and second cycle is 88%. (2) Student’s activity increases on each cycle too such us the first cycle is 76% and the second cycle is 83%. (3) Student’s creativity for making mosaic increased too, on the first cycle is 18 students who could reach KKM and increasing to 30 students who could make mosaic on second cycle. From those results, it can be concluded that using natural ingredients of banana midrib can increase creativity to making mosaic on students grade II of SDN Lakarsantri I/472 Surabaya.
Keywords : Natural ingredients, Mozaic, Creativity