MISKONSEPSI SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL TEOREMA PYTHAGORAS
MISCONCEPTIONS OF STUDENT JUNIOR HIGH SCHOOL IN SOLVING PYTHAGOREAN THEOREM
Proses pembelajaran didalam kelas dikatakan berhasil, apabila siswa sebagian besar siswa memahami konsep yang disampaikan oleh guru. Dalam prosesnya, guru pasti menemukan beberapa siswa yang mengalami miskonsepsi materi yang disampaikan oleh guru. Miskonsepsi materi yang terjadi pada siswa, akan mempengaruhi siswa dalam penggunaan antar konsep –konsep dalam matematika. Mengidentifikasi miskonsepsi pada siswa merupakan salah satu cara agar proses pembelajaran didalam kelas berhasil.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi yang terjadi pada siswa dan solusi dari miskonsepsi siswa kelas IX SMPN 2 Sedati Sidoarjo dalam menyelesaikan soal pada materi pokok Teorema Pythagoras. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) Metode tes, 2) metode wawancara. Pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi metode, yaitu dengan membandingkan data hasil tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjuk kan bahwa terdapat tiga jenis miskonsepsi yang dialami oleh siswa kelas IX SMPN 2 Sedati Sidoarjo, yaitu miskonsepsi klasifikasional, miskonsepsi korelasional, dan miskonsepsi teoritikal. ; (1) Siswa melakukan miskonsepsi korelasional yaitu menuliskan satuan dengan tidak tepat. Sebelum mempelajari konsep tentang Teorema Pythagoras, siswa diharapkan sudah menguasai tentang konsep satuan; (2) Siswa melakukan miskonsepsi klasifikasional yaitu kesalahan dalam menentukan panjang sisi bangun datar atau bangun ruang kedalam Teorema Pythagoras. Pada miskonsepsi ini, siswa kesulitan dalam gambar segitiga siku-siku yang miring.; (3) Siswa melakukan miskonsepsi teoritik, Kesalahan dalam alasan yang digunakan subjek dalam menjawab soal. Pada konsep ini yaitu konsep menentukan tripel Pythagoras. Dalam menentukan tripel Pythagoras, siswa cenderung menghitung bukan dengan konsep yang diberikan, semisal kelipatan atau rumus yang diberikan. Dengan mengetahui deskripsi miskonsepsi yang terjadi pada siswa, diharapkan guru dapat mengambil langkah-langkah pembelajaran yang tepat agar siswa tidak mengalami miskonsepsi.
Kata Kunci: Miskonsepsi, Teorema Pythagoras.
The learning process in the classroom is said to be successful, if most students understand the concepts conveyed by the teacher. But, in the learning process, teacher found stundents has misconception. Misconceptions gotten by students, will affect students in the use of a concept between concepts in the mathematic. Identification misconception is one way to learning process get successful.
The purpose of this research was for describe the misconception and the solution of student’s misconception of class IX Junior High School 2 Sedati Sidoarjo at the solve the problem of Pythagorean Theorem. The qualitative research was used as form of this research, with the type of case study research. The data collection technique which was used were 1) Test methods, 2) interview method. The technique of data validation uses triangulation of method, by comparing test result data and interview. The results of this research can be showed as there were three types of misconceptions experienced by students that was classificational misconceptions, Correlational misconception, and Teoritical misconception; (1) students take types correlational misconception. The indicator is writing units incorrectly. Before learning about concept Pythagoras Theorem, students master about unit concept.; (2) students take types classification misconception. The indicator is students missing determine side figure two and three dimentional to Pythagoras Theorem. In this misconception, students difficult illustration skew right triangle.; (3) students take types teoritic misconceptioan. The indicator is students missing giving the reason of problem. In this misconception is about triple Pythagoras concept. Student determine triple Pythagoras with calculate not with concept giving as multiples or formulas. By knowing the description of misconceptions that occur in students, teachers take the steps of the learning process accurately so student do not misconceptions
Keywords: Misconceptions, Pythagoras Theorem.