Analysis Of Factors That Influence Consumptive Behavior Of Students In Accounting SMKN 1 Surabaya
Konsumtif adalah suatu aktivitas pembelian dan penggunaan produk atau jasa secara berlebih untuk memperoleh rasa puas yang maksimal. Penelitian ini bermaksud untuk melakukan pengujian dan penganalisisan faktor-faktor dari perilaku konsumtif berupa gaya hidup, kelompok teman sebaya, kontrol diri, serta literasi keuangan. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis asosiatif dan menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang diteliti yakni semua siswa kelas X – XI program keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya, dengan jumlah sampel sebanyak 90 siswa. Teknik sampling berupa simple random sampling serta pengumpulan datanya dilakukan menggunakan kuesioner dan tes. Analisis data dilakukan melalui uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil yang diperoleh yaitu: (1) Ditemui terdapatnya pengaruh secara simultan dari gaya hidup, kelompok teman sebaya, kontrol diri, dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif; (2) Adanya pengaruh secara parsial dari gaya hidup terhadap perilaku konsumtif siswa secara positif dan signifikan; (3) Adanya pengaruh secara parsial dari kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumtif secara positif dan signifikan; (4) Adanya pengaruh secara parsial dari kontrol diri terhadap perilaku konsumtif siswa secara negatif dan signifikan; (5) Tidak ada pengaruh secara parsial dari literasi keuangan dengan perilaku konsumtif.
Kata Kunci: Gaya Hidup, Kelompok Teman Sebaya, Kontrol Diri, Literasi Keuangan, Perilaku Konsumtif.
Consumptive is an activity of purchasing and using products or services in excess to obtain maximum satisfaction. This study intends to conduct testing and analysis of the factors of consumer behavior in the form of lifestyle, peer groups, self-control, and financial literacy. The research conducted is an associative type and uses quantitative methods. The population studied was all students of class X - XI Accounting skills program SMK Negeri 1 Surabaya, with a total sample of 90 students. The sampling technique is simple random sampling and the data collection is done using a questionnaire and tests. Data analysis was performed through the classical assumption test, multiple linear regression test, and hypothesis testing. The results obtained are: (1) The simultaneous influence of lifestyle, peer groups, self-control, and financial literacy on consumptive behavior was found; (2) The partial influence of lifestyle on the consumptive behavior of students positively and significantly; (3) The partial influence of peer groups on consumptive behavior positively and significantly; (4) There is a partial effect of self-control on consumptive behavior of students negatively and significantly; (5) There is no partial effect of financial literacy with consumptive behavior.
Keywords: Lifestyle, Peer Groups, Self-Control, Financial Literacy, Consumptive Behavior.